Pemerintah Kota Tangerang siap membantu memfasilitasi upaya digitalisasi guna percepatan sertifikasi tanah wakaf agar pengelolaan semakin optimal sebab potensinya sangat besar.

"Dengan dukungan perangkat IT dan Super Apps yang cukup mumpuni, tentunya kami dari Pemkot Tangerang siap membantu memfasilitasi upaya digitalisasi tersebut," kata Pj Wali Kota Tangerang Nurdin dalam acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Badan Wakaf Indonesia (BWI) Perwakilan Kota Tangerang yang digelar di Tangerang, Senin.

Untuk itu, melalui Rakerda tersebut, Nurdin berharap dapat menghasilkan rumusan-rumusan program yang inovatif, sehingga pengelolaan wakaf khususnya di Kota Tangerang dapat lebih profesional.

"Semoga pengelolaan wakaf dapat lebih optimal dan dapat memberikan manfaat dan maslahat bagi umat," katanya.

Baca juga: Pemkot Tangerang dukung perkumpulan Boen Tek Bio buka RS Pendidikan

Pemerintah Kota Tangerang, lanjutnya, terus berkomitmen untuk mengoptimalkan potensi wakaf dengan terus mendorong percepatan sertifikasi tanah wakaf dan pengembangan wakaf yang produktif.

"Mengingat potensi wakaf ini jika dikelola dengan profesional akan dapat bermanfaat karena dapat digunakan untuk pembangunan infrastruktur, peningkatan kesejahteraan masyarakat serta tentunya dapat membantu kemandirian melalui peluang-peluang usaha yang tercipta berkat adanya wakaf tersebut," kata dia.

Pemkot Tangerang juga akan terus mendorong upaya optimalisasi potensi wakaf tersebut melalui berbagai program dan kebijakan serta kolaborasi dengan pihak-pihak terkait.

Misalnya pemkot berperan dengan menyediakan fasilitas dan layanan pengelolaan wakaf mulai dari pendaftaran dan sertifikasi.

Kemudian, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya wakaf dan bagaimana agar dapat berwakaf dengan benar dan dapat menjadi wakaf yang produktif.

"Kita juga berperan di pembinaan dan pengawasan juga tak kalah penting untuk memastikan pengelolaan wakaf dapat senantiasa transparan dan akuntabel," katanya.

Baca juga: Pencegahan korupsi libatkan keluarga, KPK apresiasi Pemkot Tangerang

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024