Lebak (Antaranews Banten) - Ruas jalan Provinsi Banten di wilayah Kabupaten Lebak dinyatakan aman dan siap untuk dilintasi pemudik lebaran 2018.
     
"Semua kondisi jalan sudah bagus dengan perkerasan aspal hotmix dan beton," kata Pelaksana Pengelola Jalan dan Jembatan Wilayah Kabupaten Lebak Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Banten Kuncoro di Lebak, Kamis.
     
Ruas jalan pemprov Banten yang kondisinya bagus dan siap dilintasi pemudik itu antara lain jalur Cipanas-Citorek hingga perbatasan Provinsi Jawa Barat.
     
Selain itu juga sejumlah ruas jalan dalam Kota Rangkasbitung meliputi Malingping-Bayah-Cibeber-Cilograng.
     
Pemprov Banten memperbaiki jalan, selain memudahkan akses kelancaran lalu lintas sekaligus sebagai upaya  menumbuhkan ekonomi lokal.
     
"Kami menjamin arus mudik lebaran aman,nyaman dan lancar," katanya menjelaskan.
     
Kuncoro mengatakan,pihaknya juga menyiagakan petugas tim reaksi cepat (TRC) guna mengantisipasi terjadi longsoran tanah sehubungan curah hujan masih berpotensi, termasuk menyiapkan peralatan berat di sejumlah lokasi.
     
Mereka petugas TRC selama arus mudik dan arus balik lebaran melakukan piket di Posko Pengendali PUPR Provinsi Banten.
     
Sebab, ruas jalan yang masuk kategori rawan longsor cukup banyak di antaranya titik jalur Cipanas-Citorek hingga perbatasan Jawa Barat.
     
Lokasi jalan tersebut tofografinya perbukitan dan pegunungan karena lokasinya berada di kawasan hutan konservasi Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).
     
"Kami mengimbau pemudik agar mewaspadaijalan rawan longsor itu," katanya menjelaskan.

Baca juga: Dinas PU Lebak Perbaiki Jalan Hadapi Lebaran

Pewarta: Mansyur

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018