Tangerang (Antaranews Banten) - Dinas Perhubungan Kota Tangerang Banten menerjunkan sebanyak 290 personil untuk melakukan pengamanan jalur mudik dalam mengantisipasi adanya pasar tumpah dan penumpukan kendaraan di pusat keramaian.
   
Sekretaris Dinas Perhubungan, Wahyudi Iskandar di Tangerang Selasa mengatakan, untuk membantu kelancaran, Dishub akan membuat pos pengamanan yang tersebar di delapan titik antara lain di Terminal Poris, Kebun Besar, Simpang Robinson, Pertigaan Gajah Tunggal, Mall Tangerang City, Kebun Nanas, Mall Alam Sutera dan Perempatan Ciledug.
     
Jumlah tersebut akan bertambah dari Kepolisian, TNI dan unsur lainnya. Meski sebagai jalur perlintasan, namun Kota Tangerang merupakan penghubung untuk ke Merak dan Jawa Barat.
   
"Kita juga mengaktifkan ATCS untuk memantau pergerakan setiap waktunya. Jika ada penumpukan maka akan kita terjunkan petugas tambahan," paparnya. 
   
Selain itu, kelancaran pemudik juga dapat menekan angka kecelakaan yang terjadi. "Makanya semua pihak bekerjasama untuk memastikan kelancaran mulai dari jalanan, rambu lalu lintas dan informasi lainnya," tegasnya. 
   
Pemerintah Kota Tangerang memastikan jalur mudik yang akan dilalui oleh pemudik tahun 2018 dalam keadaan baik.  
   
Kabid Pemeliharaan pada Dinas PU dan Tata Ruang Pemkot Tangerang, Agus menjelaskan, perbaikan jalan rusak telah dilaksanakan sejak beberapa waktu lalu.
   
"Secara umum sudah siap dilalui, kita juga sudah melakukan perbaikan di beberapa titik seperti terakhir kemarin kita lakukan di Jl. Adam Malik dan Imam Bonjol," terangnya.
   
Kemudian terkait Jalan Nasional dan Jalan Provinsi yang ada di kota Tangerang, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak pemprov dan Kementerian PU terkait kondisi beberapa ruas jalan yang memerlukan perbaikan.
   
Adapun untuk ruas jalan Nasional diantaranya Jl. Daan Mogot, Jl. Gatot Subroto, Jl. Merdeka dan Jl. Otista.
   
Sedangkan untuk Jalan Provinsi yakni Jl. M. H Thamrin, Jl. Sudirman, Jl. Hos Cokro Aminoto dan Jl. KH. Hasyim Ashari. "Kerusakan ringan di jalan tersebut sudah kita lakukan perbaikan sendiri," ujarnya.

Baca juga: Dishub Tangerang Siapkan 495 Armada Mudik Lebaran

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018