Tangerang (Antaranews Banten) - Pemerintah Kota Tangerang menyiapkan 495 armada untuk mudik lebaran. Jumlah tersebut belum termasuk 100 armada cadangan yang disiapkan jika ada lonjakan penumpang.
   
Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Saeful Rohman di Tangerang Senin  menuturkan, beberapa daerah menjadi tujuan utama pemudik dari Kota Tangerang diantaranya Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.
   
Sementara itu, berdasarkan data dari tahun 2014 hingga 2017, jumlah masyarakat yang menggunakan bus untuk mudik lebaran alami penurunan. 
   
"Namun, Dishub menyiapkan ratusan armada untuk angkutan lebaran yang kondisinya layak," katanya.
   
Sementara itu, jumlah pemudik yang menggunakan angkutan lebaran berupa bus setiap tahunnya jumlahnya mengalami perubahan. Berdasarkan data, pemudik yang berangkat menggunakan bus lebih banyak dibandingkan yang datang.
   
"Pada tahun 2014, jumlah pemudik yang berangkat tercatat sebanyak 26.814 penumpang dan yang tiba terdata sebanyak 8.727 penumpang. Di tahun 2015, jumlah pemudik yang berangkat ada 22.113 orang dan tahun 2016 ada 10.935 orang. "Untuk tahun 2017 ada 8.436 orang," paparnya.
   
Dishub Tangerang bersama dengan kepolisian dan BNN pun melakukan pemeriksaan kendaraan dan kesehatan supir yang akan membawa angkutan lebaran.
   
Pemeriksaan akan dilakukan secara berkala sehingga memastikan jika supir dalam keadaan sehat dan kendaraan pun layak jalan.

Baca juga: Jasa Raharja Periksa Ratusan Bus Jelang Mudik Lebaran

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018