Universitas Terbuka (UT) Serang kembali menyelenggarakan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) bagi mahasiswa baru UT Serang agar mampu bertransformasi dalam pembelajaran jarak jauh yang diberikan.

Pelatihan yang diikuti 560 mahasiswa yang berasal dari wilayah Kabupaten Tangerang tersebut dilaksanakan di Aula Masjid Al-Amjad, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang dan merupakan pelatihan periode ke dua di tahun 2024.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari layanan yang diberikan UT kepada mahasiswanya, yaitu Layanan Penunjang Pembelajaran (LPKBJJ) yang bertujuan untuk membekali mahasiswa supaya siap dalam menjalani sistem belajar jarak jauh yang diberikan UT.

Kegiatan dibuka oleh Manajer Marketing dan Registrasi UT Serang, Darwin Effendi, S.Kom.  Dalam sambutannya, Darwin menegaskan keharusan semangat dan komitmen mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk belajar mandiri. 

“Dengan tema ‘Berkarya Tanpa Batas, Belajar tanpa Henti’, kita semua berharap mahasiswa UT dapat berkarya secara optimal atas potensi yang dimilikinya melalui fleksibilitas dan kemudahan yang diberikan oleh sistem pembelajaran jarak jauh,” kata Darwin.

Baca juga: Dua puluh tahun lebih UT Serang telah layani masyarakat Banten

Sementara itu Manajer Pembelajaran dan Ujian UT Serang, Rakhmini Juwita, S.E., M.Si., pada materi sesi pertamanya memaparkan berbagai strategi untuk membantu mahasiswa agar berhasil dalam pembelajaran jarak jauh, diantaranya pemanfaatan berbagai fasilitas akademik daring yang disediakan UT. 

Fasilitas tersebut antara lain akses ke platform e-learning, materi pembelajaran digital, dan forum diskusi yang mendukung pembelajaran interaktif.

Pada sesi penutup, Darwin Effendi kembali hadir untuk memberikan materi tentang pemanfaatan teknologi dalam pendidikan jarak jauh. 

Ia memaparkan keuntungan penggunaan perangkat digital dan platform UT yang bisa membantu mengoptimalkan pengalaman belajar mahasiswa, karena bisa membuat mahasiswa mampu mengakses layanan pendidikan kapan pun dan dimana pun.

Baca juga: Universitas Terbuka Serang gelar wisuda periode ke dua bagi 465 mahasiswa

Selain diikuti oleh para manajer UT Serang, kegiatan tersebut juga didukung oleh tim Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh (LPKBJJ) UT Serang, yang terdiri dari dosen, ICT, serta para staf mitra kerja dan pengurus kelompok belajar (Pokjar) atau Sentra Layanan UT (SALUT) di wilayah Kabupaten Tangerang.

Kegiatan PKBJJ itu sendiri bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para mahasiswa baru tentang layanan dan fasilitas yang menjadi hak mereka guna mendukung keberhasilan selama berkuliah di UT. 

Selain itu, dengan mengikuti PKBJJ  mahasiswa baru diharapkan akan lebih mengenal UT dan termotivasi untuk lebih giat dalam berkuliah dan dapat menyelesaikan kuliah tepat waktu.

Sebagai bagian dari rangkaian LPKBJJ, setelah PKBJJ mahasiswa baru juga akan mengikuti pelatihan lebih lanjut berupa Workshop Tugas dan Klinik Ujian (WTKU). 

"Pelatihan ini dirancang untuk mempersiapkan mereka lebih lanjut sebelum memulai tutorial pada pertengahan bulan ini, memastikan setiap mahasiswa siap untuk menghadapi proses pembelajaran yang mandiri dan fleksibel di UT Serang," kata Darwin.

Baca juga: Ratusan mahasiswa baru UT Serang antusias ikuti Orientasi Studi di Tangerang
 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024