Bogor (Antaranews Banten) - PT Prima Permata Agung, Pengembang University Resort (UResort) menjalin kerja sama dengan Badan Eksekutif  Mahasiswa KM Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam rangka peningkatan kualitas kegiatan kemahasiswaan beserta penyediaan hunian terpadu khusus mahasiswa dan fasilitas pendukungnya yang berlokasi di lingkungan kampus. 
    
"Jumlah mahasiswa di IPB sangat besar. Tahun 2017 saja, jumlahnya mencapai lebih dari 20.000 orang. Kebutuhan akan hunian yang ideal dan dilengkapi dengan fasilitas yang modern kian bertambah, mengingat ada sekitar 5.000 mahasiswa baru setiap tahunnya yang menempuh pendidikan di IPB.  Nah, UResort hadir dengan konsep yang sangat menarik dan diharapkan mampu mendukung segala aktifitas kampus," kata  Rio Purnomosidi, Managing Director University Resort di Bogor, Kamis. 
    
Kerja sama sendiri, jelas Rio, dituangkan dalam naskah perjanjian yang ditandangani  Qudsyi Ainul Fawaid selaku Ketua BEM KM IPB serta disaksikan  Rektor IPB, Dr.Arif Satria beserta jajaran Wakil Rektor dan Dekan di Kampus IPB Darmaga Bogor pada awal Mei 2018 lalu. 
    
"Acara tersebut bertepatan dengan kegiatan Olimpiade Mahasiswa IPB awal Mei 2018 lalu, kami menjadi sponsor utama," ujar Rio. 
    
Didasari oleh tingginya kebutuhan akan hunian yang ideal bagi Mahasiswa IPB, maka University Resort dikembangkan dan siap mejadi salah satu alternatif tempat hunian bagi mahasiswa maupun calon mahasiswa yang menempuh pendidikan di IPB. 
     
Qudsyi Ainul Fawaid, Ketua Badan Eksekutif  Mahasiswa KM IPB mengatakan, keyakinannya proyek University Resort yang dikembangkan Group Eureka ini akan sukses. 
     
"Tidak terbantahkan, kebutuhan akan hunian yang benar-benar ideal bagi Mahasiswa IPB masih sangat besar. Karenanya kehadiran UResort bisa menjadi alternatif, apalagi didukung dengan konsep tematik Pendidikan yang komprehensif dimana sangat bermanfaat bagi mahasiswa," katanya.
    
Ia juga menambahkan, BEM KM IPB mengucapkan terima kasih kepada manajemen UResort atas dukungan dan peran sertanya dalam kegiatan-kegiatan Kampus IPB selama ini. 
    
"Setelah dijalankannya penandatanganan MoU ini, kami berharap kerjasama ini bisa dijalankan dengan baik, dan juga berkelanjutan sehingga UResort ke depannya terus dapat berkontribusi untuk pendidikan, terutama di lingkungan IPB ini," ujarnya.        

UResort

UResort dikembangkan di atas lahan seluas 1,5 hektare. Dinamakan resort karena memiliki view Danau Situ Gede dan hutan kota CIFOR yang rindang sehingga sangat menunjang kegiatan belajar dan penelitian mahasiswa. Di tahap pertama akan dikembangkan 5 blok apartemen, masing-masing setinggi empat lantai (low rise building) dengan total 180 unit. 

Seluruh tipe unit untuk tahap pertama adalah tipe studio dengan luas 24,5 meter persegi. “Tipe unit yang agak luas sengaja dibuat agar memungkinkan untuk dihuni sampai 2 orang tanpa mengurangi rasa kenyamanan untuk tinggal dan belajar. Fitur ini tentunya dapat memberikan para mahasiswa keleluasaan dalam menentukan hunian pilihannya. 

Rio melanjutkan, konsep besar dari pembangunan University Resort yakni Eco Friendly, Edu Friendly, dan Research Friendly pun dapat diterima dengan baik oleh para mahasiswa. Konsep Eco Friendly merujuk pada arsitektural yang lebih menonjolkan harmonisasi dengan lingkungan sekitar dengan nuansa alam yang hijau. 

Kemudian konsep Edu Friendly dimaksudkan tema pembangunan dan fasilitas-fasilitas dibuat dengan tematik pendidikan yang kental. Sedangkan yang terakhir Research Friendly, karena lokasi UResort yang memudahkan atau mendekatkan jarak mahasiswa/mahasiswi IPB untuk melakukan penelitian. 

Ketiga konsep ini menjadi  satu kesatuan yang holistic yang juga saling terintegrasi sehingga University Resort tidak hanya sebuah bangunan semen dengan atap, tetapi merupakan sebuah ekosistem yang dikhususkan untuk dapat memenuhi dan mendukung seluruh aktivitas dan kebutuhan mahasiswa agar mereka dapat berkembang menjadi insan yang berkualitas.
 
Kerja sama PT Prima Permata Agung, Pengembang University Resort (UResort) dengan Badan Eksekutif  Mahasiswa KM Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi terobosan hunian yang mampu mencetak lulusan berkelas dunia (Antara Foto/ Arsip)


Lingkungan Mahasiswa Kelas Dunia

Rio menjelaskan bagi orang tua mahasiswa maupun investor dapat memiliki satu unit nya dengan harga mulai dari Rp 250 juta, dan nantinya diharapkan dapat mencapai Rp 350 juta per unit. 

"Ini artinya cukup dengan cicilan Rp 2 jutaan per bulan, atau hampir sama dengan tarif kamar kost di sekitar IPB yang kini berkisar Rp 800 ribu hingga Rp 1,5 juta per bulan. Kalau dihitung satu unit bisa dihuni dua mahasiswa, maka sebenarnya dengan dobel investasi per orang cukup hanya menyisihkan Rp 1 jutaan per bulan untuk cicilan unit apartemen tadi,”  ujar Rio.

Ia menambahkan, dengan biaya tinggal atau investasi yang relatif hampir sama dengan tinggal di kost-kostan konvensional, maka tinggal di UResort akan berdampak lebih positif karena dikelilingi lingkungan yang lebih produktif dan juga dilengkapi oleh fasilitas-fasilitas tematik pendidikan yang berkualitas sebagaimana Student Residences yang seharusnya. 

"Kami ingin mahasiswa IPB merasakan nuansa “lingkungan mahasiswa” kelas dunia seperti di Harvard," ujarnya. 

Baca juga: Eureka Group Kembangkan Apartemen Bagi Mahasiswa IPB

Pewarta: Ganet Dirgantara

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018