Sejumlah barisan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten menuntut pemerintah provinsi (pemprov) atasi masalah pendidikan hingga pengangguran pada Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-24 Banten.
 
Para mahasiswa mengemukakan bahwa 24 tahun Provinsi Banten berdiri, persoalan yang dihadapi masih seputar hal-hal yang sama dan seolah tak ada progres signifikan akan penanganannya.
 
Sekretaris Umum HMI Cabang UIN SMH Serang Banten, Hafiz Nur Arifin di sela-sela orasi di depan Gedung DPRD Provinsi Banten, Serang, Jumat mengatakan masalah pendidikan yang tidak merata, pengangguran, angka kemiskinan, dan layanan kesehatan belum ditindaklanjuti.
 
"Pemprov Banten itu harus serius dalam menangani isu-isu yang genting saat ini seperti pengangguran, pendidikan, dan pembangunan yang masih belum merata," kata Hafiz.

Baca juga: HUT Banten, anggota DPRD Banten soroti pabrik narkoba hingga miras
 
Hafiz mengatakan ketidakseriusan Pemprov Banten menangani permasalahan tersebut, terlihat dari tidak sebandingnya jumlah perusahaan industri dengan jumlah lapangan pekerjaan yang ada.
 
Dia menyebut saat ini hanya ada sekira 2.515 perusahaan yang beroperasi di Banten. Sedangkan masih ada 424.690 warga di Provinsi Banten yang masih menganggur per Februari 2024.
 
Selain itu, Banten memiliki bandara internasional dan pelabuhan terbesar, tetapi keberadaannya tidak memiliki dampak signifikan bagi perekonomian provinsi tersebut.

Baca juga: Kota Tangerang peringkat pertama penurunan stunting di Banten

Hafiz mengatakan, 24 tahun usia Provinsi Banten, menurutnya belum merefleksikan Banten sebagai daerah yang unggul, maju, dan sejahtera.
 
"Oleh karena itu, kami meminta agar Pemprov Banten dapat segera melakukan percepatan ekonomi untuk masyarakat, baik dari sektor mikro ataupun makro. Hal ini agar Provinsi Banten memiliki kepastian ekonomi yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata dia.
 
Di saat yang sama, Pemerintah Provinsi bersama DRPD Provinsi Banten berkomitmen untuk melanjutkan jalannya pembangunan dalam rapat paripurna istimewa dalam peringatan Hari Ulang Tahun ke-24 Provinsi Banten di DPRD Provinsi Banten.

Baca juga: Jelang HUT Banten, Gubernur ziarahi makam Sultan Maulana Hasanuddin

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024