Rapat Pimpinan Gabungan Sementara MPR RI menyepakati Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Ahmad Muzani untuk menjadi Ketua MPR RI periode 2024-2029.

"Beliau akan didampingi oleh delapan para Wakil Ketua MPR yang telah ditetapkan oleh masing-masing fraksi-fraksi partai politik di MPR," kata Ketua Fraksi PDI Perjuangan MPR RI Ahmad Basarah di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

Basarah menjelaskan bahwa rapat gabungan tersebut menyepakati Ahmad Muzani sebagai Ketua MPR RI, secara mufakat.

Baca juga: Puan Maharani ditetapkan jadi Ketua DPR periode 2024-2029

Walaupun demikian, dia mengatakan bahwa pimpinan gabungan sementara MPR RI masih menunggu calon Wakil Ketua MPR dari unsur kelompok Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

"Dengan demikian, Rapat Paripurna 3 Oktober 2024 pukul 10.00 WIB besok tinggal menetapkan susunan pimpinan MPR yang baru yang dipimpin Ahmad Muzani, didampingi 8 Wakil Ketua MPR RI dari fraksi-fraksi partai kelompok dan kelompok DPD," jelasnya.

Berdasarkan surat undangan Sidang Paripurna Ke-2 yang diterima di Jakarta, Rabu, agenda penetapan dan pelantikan pimpinan MPR RI dijadwalkan pada Kamis (3/10) pada pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai.

Sebelum agenda tersebut, MPR RI mengagendakan penyampaian bakal calon pimpinan dari masing-masing fraksi dan kelompok DPD.

Baca juga: Annisa Mahesa, anggota DPR RI termuda asal Banten

Pewarta: Rio Feisal

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024