Cilegon (Antaranews Banten) - Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Banten meminta para pengelola desinasi wisata di Banten dapat meningkatkan pelayanan dan keamanan bagi wisatawan untuk menyambut libur panjang Idul Fitri 1439 H.
     
"Para pengelola hotel dan objek wisata bisa berpartisipasi bersama, agar wisatawan merasa nyaman, aman dan mereka ingin kembali ke Banten untuk berwisata," kata Ketua PHRI Banten Ahmad Sari Alam di Cilegon, Minggu.
     
Ia mengatakan, libur panjang lebaran tahun ini bisa memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat dengan banyaknya kunjungan wisatawan. Mengingat objek wisata yang paling dimintai saat leibur lebaran itu adalah wisata pantai.
   
"Oleh karena itu keamaman, dan pelayanan harus dimaksimalkan," kata Ahmad Sari Alam disela sela buka puasa bersama serta santunan bagi anak yatim.
   
Menurutnya, dari sisi infrastruktur jalan di Banten sudah lebih baik, sehingga bisa mendukung terhadap peningkatan kunjungan wisatawan ke Banten. Namun demikian, masih perlu dioptimalkan dari infrastruktur pendukung lainnga seperti lampu penerangan jalan umum (PJU) dan juga pelayanan lain.
   
" Destinasi di Banten tinggal dirapihkan saja. Peran pemerintah juga perlu dioptimalkan," kata dia.
     
Menurutnya, selama ini pajak yang masuk dari hotel dan restauran di Banten sekitar Rp850 miliar per tahun. Jika 10 persen saja untuk mendukung sarana dan prasarana objek wisata, maka secara perlahan akan ada perbaikan-perbaikan dari sisi penataan destinasi.
     
"Ya saya melihat belum maksimal peran pemerintah dalam mendukung kepariwisataan ini. Terutama meningkatkan daya tarik bagi wisatawan mancanegara," kata Sari Alam.
     
Ia mengatakan, saat ini penduduk Indonesia sekitar 275 juta jiwa, jika dari jumlah penduduk tersebut 2 persen saja berkunjung ke Banten, itu akan memberikan dampak bagi kemajuan pariwisata Banten.
     
"Peran masyarakat sekitar objek wisata juga sangat penting, ini untuk keamanan dan kenyamanan wisatawan. Nah peran pemerintah perlu hadir di situ," kata dia,
     
Dalam kesempatan tersebut, Ketua PHRI Banten menyelenggarakan buka puasa bersama dengan jajaran PHRI kabupaten/kota dan juga jajaran karyawan di perusahaan yang dipimpinnya. Ketua PHRI Banten juga memberikan santunan bagi sekitar 20 anak yatin di Kota Cilegon. 

Baca juga: Dispar Banten Gandeng PHRI Dan Bank Kembangkan Ekraf

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018