Penjabat Wali Kota Tangerang Dr. Nurdin mengatakan ASN yang bertugas dalam bidang kemanusiaan seperti tenaga medis, pemadam kebakaran, kebersihan, Satpol PP dan lainnya dapat tetap melaksanakan tugasnya selama kampanye pilkada tetapi dengan syarat adanya surat tugas resmi dari instansi atau lembaga terkait.

“Petugas yang bertugas selama masa kampanye diperbolehkan membantu pelaksanaan kegiatan, asalkan ada permintaan resmi dan dilengkapi dengan surat tugas. Tetapi, ingat, jangan memakai atribut kampanye, menggunakan simbol-simbol atau terlibat dalam kegiatan politik praktis. Tetap jaga netralitas dan fokus pada pelayanan masyarakat," kata Pj Wali Kota Tangerang Dr. Nurdin di Tangerang Selasa.

Ia menuturkan hal ini dilakukan seiring dengan berlangsungnya tahapan pilkada dan seluruh ASN agar senantiasa menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam politik praktis. Sebab netralitas ASN merupakan prinsip dasar yang harus dijaga guna memastikan proses demokrasi berjalan dengan baik.

"ASN harus tetap netral dan tidak boleh terlibat dalam kegiatan politik praktis. Kita bekerja untuk melayani masyarakat, bukan kepentingan politik tertentu. Pelayanan kepada masyarakat harus terus berjalan tanpa ada keberpihakan," katanya.

Baca juga: Wali Kota Tangerang penuhi panggilan Bawaslu dugaan tidak netral

Ia juga berharap, agar pelaksanaan Pilkada dapat berjalan lancar dan mampu melahirkan pemimpin yang amanah. Selain itu, ia menekankan pentingnya terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita sebagai anak bangsa harus terus mengawal Pancasila sebagai dasar negara dan falsafah bangsa. Pancasila telah membawa kita melewati berbagai tantangan dan menjaga Indonesia tetap berdiri tegak hingga saat ini. Penanaman nilai-nilai Pancasila harus menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, baik di sekolah, tempat kerja, maupun di lingkungan masyarakat. Upacara ini hanyalah simbol, tetapi pengamalan nilai-nilai Pancasila harus kita jalankan setiap hari melalui semangat saling menghargai, kerja keras, dan pengabdian,” katanya menerangkan.

Baca juga: Generasi millenial jadi pemilih terbanyak pada Pilkada 2024 Kota Tangerang

Ketua KPU Kota Tangerang Qori Ayatullah mengatakan Pilkada Kota Tangerang diikuti tiga pasangan yakni Faldo Maldini-Fadlin Akbar dengan nomor urut satu, Ahmad Amarullah-Bonnie Mudfizar nomor urut dua dan pasangan Sachrudin-Maryono nomor urut tiga.

KPU Kota Tangerang menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada 2024 sebanyak 1.377.828 pemilih dengan rincian 683.243 orang pemilih laki-laki dan 694.585 orang pemilih perempuan.

Sementara itu jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) ada 2.706 yang tersebar di 13 Kecamatan atau 14 Kelurahan, dengan TPS khusus di lima Lapas.

Adapun jadwal dan proses tahapan Pilkada 2024 yakni 25 September 2024 hingga 23 November 2024 pelaksanaan kampanye. 27 November 2024 pelaksanaan pemungutan suara dan dilanjutkan Perhitungan suara dan rekapitulasi hasil perhitungan suara hingga 16 Desember 2024.

Baca juga: "KPU Goes To Campus", upaya tingkatkan partisipasi pemilih pemula

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024