Serang (Antaranews Banten) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)  Rini Soemarno meresmikan Masjid Agung 'Penata' yang berada di Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara, Serang di Serang, Kamis.
     
Peresmian masjid tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, didampingi pimpinan Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara KH Ma,ruf Amin dan sejumlah direktur BUMN.
     
Masjid pesantren dibangun lewat sinergi tiga BUMN yaitu PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT PLN (Persero) dan PT Wijaya Karya (Persero)  Tbk dalam program BUMN Hadir Untuk Negeri. Masjid dengan luas 857,02 meter persegi ini dapat menampung 400 jamaah di dalam masjid dan 200 jamaah di serambi masjid. 
     
Dalam peresmian tersebut Menteri Rini didampingi Ketua MUI KH. Ma'ruf Amin, Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama PLN Sofyan Basir, Direktur Utama WIKA Tumiyana serta Plt. Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.
     
"Kami bangga bisa hadir di sini hari ini. Setahun lalu, kami bersama sama BUMN membangun mesjid yang hari ini diresmikan," kata Rini,
   
Pembangunan masjid ini menelan biaya sekitar Rp5,5 miliar dari sinergi program CSR Bank Mandiri dan PLN senilai masing-masing Rp2,2 miliar serta PT WIKA Rp1,1 miliar.  
     
Menurut Menteri BUMN Rini Soemarno, seluruh bantuan tersebut diharapkan dapat mendukung masyarakat dalam menjalankan ibadah, sehingga dapat mendorong peningkatan aktivitas sosial serta membangun kerohanian masyarakat.
   
"Penting bagi kami untuk memastikan bahwa kehadiran BUMN di tengah-tengah masyarakat dapat benar-benar dirasakan manfaatnya," kata Rini. 
   
Rini mengatakan, lewat pembangunan ini, BUMN selain ikut membangun Indonesia secara fisik dalam bentuk infrastruktur, juga mendukung pembangunan mental dan rohani masyarakat Indonesia, agar nantinya dapat mendukung pengembangan Indonesia untuk tumbuh ke arah yang jauh lebih baik.
     
Selain meresmikan Masjid Pesantren Nawawi Tanara (Penata), Menteri Rini dan Plt Dirut Pertamina  Nicke Widyawati.juga memberikan bantuan simbolis berupa Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) modular di Tanara. SPBU Modular ini diberi nama Perta Shop dengan tagline "Onestop Shop of Pertamina Product". 
     
"Pertashop ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite bagi masyarakat sekitar Kecamatan Tanara," kata Plt Dirut Pertamina Nicke Widyawati.
     
Pengasuh Ponpes An-Nawawi Tanara KH Ma'ruf Amin menyampaikan terimakasih kepada Menteri BUMN atas bantuannya dengan adanya pembangunan masjid dan juga pondok pesantren.

"Mudah-mudahan siapa yang bangun kan masjid di dunia, maka akan dibangunkan rumah di syurga nanti. Masjid ini sebagai tempat pendidikan, pembinaan mental yang baik, di sini juga digunakan tempat berdiskusi dan muhasabah," kata KH Ma'ruf Amin.

Baca juga: Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadiri HUT Ponpes Al-Khairiyah

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018