Cilegon (Antaranews Banten) - Terhitung mulai 1 Juni 2018 mendatang, pelayanan menggunakan sistem tiket elektronik di pelabuhan merak akan dihentikan karena  PT Mata Pensil Globalindo selaku pengelola sistem pelayanan tiket penumpang sudah habis kontrak 31 Maret 2018 ini, sehingga seluruh peralatan sensor untuk menunjang sistem layanan tiket elektronik yang selama ini terpasang di area gerbang tol kendaraan akan dicabut.
 
"Terhitung 1 juni nanti sudah habis kontrak kerja sama dengan PT. ASDP Merak, sehingga seluruh alat penunjang  akan dicabut. Untuk kedepannya kami belum tau, akan seperti apa sistem pelayanan tiketnya, mungkin seperti semula kembali ke manual," kata Wakil Kepala Cabang Mata Pensil Indra Setiawan saat ditemui di kantornya, Rabu.
 
Lebih lanjut, Indra menjelaskan, penghentian layanan tiket elektronik juga akan berlaku di Pelabuhan Bakauheuni. sehingga dipastikan pada Angkutan Lebaran tahun 2018, pelayanan tiket di Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Bakauheuni akan kembali pada kebijakan PT ASDP.

Sebelumnya pemberlakuan ticketing online di Pelabuhan Merak dilakukan tiga tahun lalu dilakukan untuk mempercepat pelayanan, karena dengan menggunakan sistem layanan tiket elektronik dinilai lebih menghemat waktu baik dalam menentukan golongan tiket maupun dalam menghitung jumlah manifest penumpang dalam setiap kendaraan yang akan melakukan penyebrangan.

"Karena kontrak habis maka otomatis yah e-ticketing akan kami hentikan. ini juga berlaku di Pelabuhan Bakauheuni. kalau dilihat dari segi efisiensi  tentu lebih efisien tiket elektronik dibanding manual, karena kalau tiket elektronik menentukan golongan kendaraan dan manifest penumpang kan cukup cepat dibanding manual," kata Indra.
 
Sementara itu, saat dikonfirmasi General manager PT. ASDP Cabang merak Fahmi Alweni hanya bisa membenarkan penghentian layanan tiket elektronik tersebut.

"Betul, kontrak kami terkait pelayanan tiket elektronik sudah habis, tapi ini tidak menjadi masalah, tidak akan menggangu pelayanan. Sedangkan untuk kedepannya belum tahu. nanti saja tanya Direksi," Jelas Fahmi.
 
Baca juga: Dirjen Hubdar Usulkan Diskon Tarif Penyeberangan Bagi Pemudik Disiang Hari

Pewarta: Susmiyatun Hayati

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018