Cilegon (Antaranews Banten) - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi  telah mengusulkan pemberlakuan diskon tarif penyeberangan di pelabuhan Merak Banten bagi pemudik yang melakukan penyeberangan disiang hari.

Usulan ini juga ditawarkan dihadapan sejumlah pimpinan instansi terkait seperti gabungan pengusaha kapal, pihak ASDP Merak, badan pengelola transportasi darat dan kepolisian, saat menggelar rapat persiapan angkutan lebaran di Pelabuhan Merak pada Selasa malam (22/5), sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan aktivitas penyeberangan di Pelabuhan Merak saat malam hari. 
 
Ia menyebutkan dari hasil evaluasi, aktivitas masyarakat yang melakukan arus mudik khususnya pada penumpang kendaraan roda dua dan roda empat melakukan nya di malam hari.

"Berdasarkan hasil evaluasi, kami mendapati kebiasaan masyarakat melakukan arus mudik selalu dilakukan malam hari. Makanya kedepan kami akan ubah. Bila perlu untuk memotivasi para pemudik  diberlakukan diskon tarif penyeberangan. Tapi ini masih kami usulkan belum tau kedepannya seperti apa dan berapa besarannya supaya masyarakat memilih melakukan penyeberangan mudik di siang hari, "jelas Budi. 
 
Pihaknya berharap nantinya kebijakan diskon tarif yang diharapkan dapat disetujui semua pihak,  bisa memecah kepadatan dan antrean panjang  kendaraan di Pelabuhan Merak, yang disebabkan datangnya pemudik dari kendaraan roda dua maupun roda empat secara bersamaan. 

Baca juga: Astra Tol Tamer Siapkan Program Tambah Kapasitas

Pewarta: Susmiyatun Hayati

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018