Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang menggelar virtual job fair khusus penyandang disabilitas yang diselenggarakan pada Senin, 30 September 2024.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin, di Tangerang, Minggu mengatakan virtual job fair edisi khusus penyandang disabilitas merupakan yang pertama digelar sejak pemkot membuat program ini pada September 2020.

"Virtual job fair ini merupakan salah satu wujud nyata memberikan kemudahan akses bagi seluruh warga tanpa terkecuali," kata Pj Wali Kota Nurdin dalam keterangannya.

Baca juga: "Tangerang Digital Fest 2024" buka 10.237 lowongan kerja

Ia menuturkan ada empat perusahaan dengan 50 lowongan khusus bagi disabilitas yang disediakan dalam program ini, yakni PT. Sumber Alfaria Trijaya untuk enam penyandang tunanetra parsial, tunawicara, tunagrahita, tunadaksa, dan tunarungu.

Kemudian, PT Sumber Indah Lestari untuk penyandang tunadaksa, PT Midi Utama Indonesia untuk penyandang tunanetra dan tunadaksa, dan PT Lancar Wiguna Sejahtera untuk penyandang tunadaksa ringan.

Perusahaan-perusahaan tersebut membuka kesempatan bagi penyandang disabilitas dengan kualifikasi pendidikan SMA/Sederajat sebanyak 40 lowongan, D3 sebanyak lima lowongan dan S1 sebanyak lima lowongan.

"Dengan adanya bursa kerja ini, diharapkan para penyandang disabilitas dapat memiliki akses yang lebih luas untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan kualifikasi mereka," ujarnya.

Baca juga: Kapolres Cilegon pantau Job Fair 2024 di SMKN 1 Anyer

Nurdin menuturkan virtual job fair khusus penyandang disabilitas ini tentunya upaya Pemkot Tangerang untuk terus mendorong terciptanya lingkungan kerja yang inklusif.

Bursa kerja ini bukan hanya sekadar ajang pencarian kerja, tetapi juga bukti nyata bahwa Kota Tangerang sangat menghargai keberagaman dan terus berusaha menciptakan ruang yang adil bagi seluruh warganya, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan fisik.

"Semoga kegiatan ini dapat membantu para penyandang disabilitas untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan berkontribusi lebih banyak bagi pembangunan Kota Tangerang," katanya

Sementara itu, virtual job fair sudah 48 kali dilaksanakan sejak September 2020, dan berhasil menyerap 20.656 tenaga kerja. Dari jumlah tersebut, 18.906 tenaga kerja merupakan warga Kota Tangerang, sementara 1.759 berasal dari luar kota.

Baca juga: Bursa kerja Kota Tangerang sediakan 7.894 lowongan kerja di luar negeri

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024