Pj Wali Kota Serang, Nanang Saefudin meminta seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang untuk tidak berpihak kepada calon peserta pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024. 
 
"Sesuai dengan amanat yang diberikan oleh Pemerintah Pusat untuk bersama-sama menjaga ketertiban pelaksanaan pemilihan kepala daerah dan menciptakan pilkada damai, nyaman, adil jujur dan riang," kata Nanang, di Serang, Sabtu. 
 
Selain itu, pihaknya juga meminta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Serang untuk menjaga kondusifitas Pilkada serentak 2024. 
 
Karena menurutnya, pelaksanaan Pilkada di daerah khususnya Kota Serang bukan hanya tanggung jawab dari penyelenggara pemilihan kepala daerah saja. 

Baca juga: Lima kecamatan di Kabupaten Serang potensi rawan tinggi Pilkada 2024
 
Tetapi menjadi tanggung jawab semua pihak terutama pemerintah atau eksekutif maupun legislatif atau DPRD. 
 
"Pilkada serentak tahun 2024 ini tidak hanya menjadi tanggung jawab penyelenggara melainkan semua ikut bertanggung jawab. Baik eksekutif maupun legislatif harus berkolaborasi," katanya. 
 
Hal itu sebagai bentuk dukungan untuk suksesi penyelenggaraan Pilkada serentak 2024 khususnya di Kota Serang. 

Baca juga: MUI Banten deklarasikan Pilkada damai, tanpa kampanye agama dan SARA
 
Termasuk keterlibatan stakeholder dan forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) pun harus turut serta menjaga kondusifitas Pilkada di daerah. 
 
"Kita semua berharap, pilkada tahun 2024 ini dapat berjalan aman, lancar, dan kondusif. Meskipun berbeda, namun tetap harus tertib dan beretika," tuturnya. 
 
Selain itu, dia juga mengaku telah memberikan arahan serta instruksi kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN). Termasuk pegawai pemerintahan dengan perjanjian kerja (PPPK) hingga seluruh pegawai baik tenaga harian lepas (THL) maupun honorer untuk tidak terlibat dalam politik praktis dan tidak memihak kepada calon Pilkada serentak. 
 
"Bahkan arahan itu bukan hanya sekali, melainkan sejak saya menjadi Sekda sudah saya berikan instruksi agar netralitas ASN dijaga untuk kondusifitas pelaksanaan pilkada, dan tidak memihak kepada salah satu calon Pilkada," pungkas Nanang Saefudin.

Baca juga: Airin-Ade inginkan Kota Serang miliki wajah baru

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024