Sejumlah tokoh agama, ormas Islam, dan pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Banten mendeklarasikan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 yang damai, tanpa adanya kampanye agama dan konten SARA (suku, ras, agama, dan antargolongan).
 
"Kami pimpinan Majelis Ulama Indonesia dan pimpinan ormas Islam se-Provinsi Banten, menyatakan deklarasi tokoh agama untuk Pilkada Banten damai aman dan tertib," kata Ketua MUI Banten KH Bazari Syam dalam keterangannya melalui video yang diterima di Serang, Kamis.
 
Dalam deklarasi tersebut MUI, Provinsi Banten menyatakan akan mengajak pengurus majelis ulama Indonesia dan ormas Islam di semua tingkatan, harus berpartisipasi hadir dalam mewujudkan Pilkada Banten 2024 yang damai, demokratis, adil, dan jujur.
 
Kedua, mengimbau pengurus MUI di semua tingkatan, dilarang menggunakan atribut Majelis Ulama Indonesia atau bentuk lain yang dimaknai berkaitan dengan organisasi majelis ulama Indonesia, dalam kegiatan kampanye selama penyelenggaraan Pilkada 2024.

Baca juga: KPU Kota Serang deklarasi kampanye damai, wujudkan pilkada kondusif
 
Ketiga, mengharap pengurus MUI dan ormas Islam semua tingkatan aktif memberikan pencerahan dan edukasi tentang politik keumatan dan kebangsaan dengan tetap menjaga independensi dan berpedoman pada keputusan dan fatwa masjid ulama Indonesia serta keputusan ormas Islam terkait.
 
Selanjutnya keempat, mengimbau kepada seluruh masyarakat dan tokoh ormas untuk dapat memberikan kesejukan bagi masyarakat dalam hiruk pikuk penyelenggaraan Pilkada Banten 2024.
 
Kemudian kelima, mengajak seluruh komponen masyarakat provinsi Banten untuk menjadikan Pilkada sebagai pesta demokrasi yang menjunjung perbedaan pilihan, namun tetap menjaga persaudaraan dan persatuan.
 
"Mengajak semua pemangku kepentingan pasangan calon, tim sukses, parpol, dan elit politik untuk bersikap sportif dan taat azas dalam berkampanye, dengan tidak menjadikan agama sebagai konten kampanye dan SARA," pungkas KH Bazari Syam.

Baca juga: KPU Lebak gelar deklarasi pilkada damai

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024