Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Banten menyatakan kegiatan sosialisasi dan simulasi penyelamatan keadaan darurat pemadam kebakaran dapat diikuti warga secara gratis tanpa dipungut biaya.

"Jika ada yang ingin diberikan pelatihan penanganan bencana maka bisa segera koordinasi. Sebab tidak dipungut biaya," kata Plt Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Tangerang Ubaidillah Ansar di Tangerang Rabu.

Sementara itu pengajuan permohonan pelatihan atau simulasi dapat diajukan dengan bersurat ke Kantor BPBD Kota Tangerang atau secara online dapat diakses melalui aplikasi SILANTANG di silantang.tangerangkota.go.id.

Baca juga: BPBD Kota Tangerang edukasi masyarakat pengetahuan risiko gempa

BPBD Kota Tangerang terbuka untuk siapa pun mulai dari instansi pemerintahan, kelompok masyarakat, sekolah maupun instansi lainnya.

"Ini untuk menghindari kerugian material maupun jiwa yang tidak diinginkan. Sehingga, penanganan bencana apa pun yang mungkin terjadi di Kota Tangerang dapat cepat dengan tanggap ditangani,” kata dia.

Sementara itu, hari ini BPBD Kota Tangerang menggelar pelatihan di dapur Lapas Kelas I Tangerang dengan mengedukasi cara memadamkan api menggunakan karung basah atau tradisional, memadamkan api dengan APAR atau cara modern, hingga cara evakuasi mandiri jika terjadi gempa bumi.

“Kegiatan ini diikuti pegawai dapur Lapas, perwakilan warga binaan dan pegawai. Bagaimana peserta dilatih dasar-dasar simulasi bencana, seperti kebakaran ataupun penyelamatan keadaan gempa bumi. Mengingat, saat ini kita juga tengah diimbau untuk mitigasi terkait megathrust, instansi, sekolah maupun kelompok masyarakat secara masif kita edukasi,” kata Ubaidillah Ansar.

Baca juga: BPBD Lebak distribusikan 230.000 liter air bersih ke 20 desa

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024