Sebanyak 776 personel gabungan Kepolisian Resor (Polres) Tangerang Selatan (Tangsel), Polda Metro Jaya dikerahkan untuk mengamankan masa kampanye Pilkada serentak 2024.

Kabag Ops Polres Tangsel, Kompol Hasoloan di Tangerang, Rabu menyampaikan bahwa dari ratusan personel gabungan ini terdapat tim khusus untuk memberikan pengawalan kepada dua pasangan calon yang berkontestasi pada Pilkada Tangsel.

"Ada delapan personel yang ditugasi mengawal dua pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangsel. Sementara sekitar 776 personil. Seluruhnya disebar pada tiap titik yang dianggap rawan dan kurang rawan," ujarnya.

Baca juga: Benyamin cuti sebagai Walikota Tangsel untuk kampanye Pilkada 2024

Dijelaskan Hasoloan, Pihaknya telah melakukan pemetaan terhadap titik-titik wilayah rawan gesekan antarpendukung pasangan calon.

"Pertama yang kurang rawan itu polanya dua personil menjaga setidaknya delapan S. Kemudian daerah rawan, dua personil dua tps, selanjutnya daerah sangat rawan dua personil satu tps," ucapnya.

Dia mengaku, untuk tps khusus ada satu satu personil, satu tps. "Sampai saat ini pemetaannya semuanya cukup kondusif namun akan kita update," katanya.

Diketahui, daftar pemilih tetap di Pilkada Tangsel 2024 tercatat ada sebanyak 1.058.127 jiwa. Laki-laki 517.809 orang, dan perempuan 540.318 jiwa. Sementara jumlah tps mencapai 2.060 yang tersebar pada 54 kelurahan dan tujuh kecamatan.

Baca juga: Benyamin-Pilar Saga kembalikan fasilitas dan aset negara

Kandidat pasangan calon kepala daerah atas nama Benyamin-Pilar diusung serta didukung oleh 17 partai politik parlemen maupun nonparlemen. Petahana diusung oleh Partai Golkar dan Gerindra.

Adapun partai politik pendukung pasangan petahana antara lain koalisi PDI Perjuangan, Demokrat, PSI, NasDem, PKB, PAN, PPP. Benyamin-Pilar punya 41 legislator yang duduk di kursi DPRD Kota Tangsel.

Sementara pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Tangsel, Ruhamaben-Shinta hanya diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera. Partai berlambang Bulan Sabit mengapit Padi itu punya 9 kursi di parlemen lokal.

Baca juga: Dua pejabat Pemprov Banten jadi Pjs Walikota Cilegon dan Tangsel

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024