PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group) memberikan bantuan untuk mempercepat proses pemadaman api di lokasi Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Bagendung Kota Cilegon yang tengah mengalami kebakaran. 

Chandra Asri Group telah mengerahkan water tank selama tiga hari sejak 19 September dengan volume total hingga 102.000 liter serta tiga personil pemadam kebakaran yang siaga di lokasi.  Hal ini menjadi bentuk kepedulian sosial dan tanggung jawab Chandra Asri Group dalam memulihkan keselamatan dan keamanan lingkungan akibat bencana.

Corporate Shared Value Chandra Asri Group juga turut membagikan 4.800 Masker Medis dan 150 kaleng susu steril untuk menjaga kesehatan tim Pemadam Kebakaran dan tim BPBD Kota Cilegon serta petugas yang bekerja sehari-hari di TPSA Bagendung.

Baca juga: TPSA Bagendung Cilegon Banten kembali terbakar

Kepala BPBD Kota Cilegon, Suhendi menyampaikan, bantuan ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap upaya pemulihan situasi kebakaran di TPSA Bagendung. 

"Kondisi Cilegon yang saat ini belum diberikan curah hujan yang baik, membuat proses pemadaman tidak berlangsung secepat yang diharapkan. Saya sangat mengapresiasi bantuan water tank  dan juga bantuan masker dan suplemen dari Chandra Asri Group karena menjadi bentuk kepedulian langsung terhadap kelangsungan keselamatan petugas yang berada di lokasi kebakaran," ujarnya.

CSV Department Manager Chandra Asri Group, Wawan Mulyana turut mengutarakan, bantuan ini menjadi bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial Perusahaan pada masyarakat dan lingkungan yang saat ini sedang menghadapi bencana kebakaran lahan TPSA. 

"Bagi kami keselamatan masyarakat dan petugas yang berdedikasi memadamkan api menjadi prioritas utama. Dengan bantuan ini kami mengharapkan proses pemadaman dapat berlangsung lebih cepat dan tidak ada korban jiwa baik dari petugas pemadam maupun dari masyarakat," jelasnya.

Baca juga: Pemkot Cilegon siapkan dapur umum warga terdampak asap TPSA Bagendung

Ditambahkan Inggriet Martha Lawalata, SHE Operation Department Manager Chandra Asri Group, bantuan air ini menjadi satu langkah yang paling rasional untuk mempercepat proses pemadaman api dan asap. 

"Kami mencoba membantu agar api tidak menjalar dan membesar akibat curah hujan yang belum stabil. Bantuan water tank ini akan dapat mempersingkat proses pengisian water tank milik Pemadam Kebakaran sehingga proses mobilisasi pengisiannya tidak memakan waktu lama," tambah Inggriet. 

Dengan bantuan ini diharapkan seluruh situasi yang terjadi di TPSA Bagendung Cilegon akan dapat terselesaikan dan pulih secara operasional.  

Baca juga: Lima petugas damkar alami cedera saat pemadaman TPSA Bagendung

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024