Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Banten mengajarkan para siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bina Insan Kragilan, Serang, mengenal sifat api dan bahaya kebakaran.
 
Pada kegiatan para siswa dikenalkan mengenai bencana kebakaran, mulai pencegahan hingga penanganan.
 
"Kita berikan pemahaman ke anak-anak kita ini sebagai generasi penerus kita, agar tidak fobia dengan api. Maka sejak awal sudah kita kenalkan bagaimana menangani api, bagaimana sifat api, dan secara damkar, kita kenalkan alat apa saja tentang pemadaman," ujar Kepala Bidang Damkar Satpol PP Provinsi Banten Lutfi Mujahidin di Serang, Rabu.
 
Ia mengatakan hal ini program rutin sosialisasi untuk para murid sekolah. Kegiatan dilakukan guna memahami, antara lain cara menangani api, cara berlindung saat kebakaran, dan hal apa yang bisa memicu kebakaran.
 
"Kemudian simulasi pengenalan alat, dan agar proteksi diri, serta tidak takut saat kebakaran yang tentunya harus menghubungi damkar juga, sehingga mereka familiar. Selain itu ada juga bagaimana kita menangani hewan seperti ular dan lebah," kata dia.

Baca juga: Tingkatkan kesiapsiagaan, empat UPT Damkar Tangerang direvitalisasi
 
Selain menerima kunjungan siswa, Damkar Banten juga mengaku secara rutin melakukan sosialisasi kepada masyarakat di perumahan.
 
"Kalau di masyarakat kita bisa lebih kompleks lagi seperti cara mematikan api di gas yang bocor dan hal-hal pemicu kebakaran para alat elektronik rumah tangga," ujar dia
 
Ia mengatakan kegiatan sosialisasi tersebut gratis. Sekolah-sekolah yang ingin berkunjung ke Damkar Provinsi Banten bisa langsung bersurat dan mengatur waktunya.
 
Pada kesempatan yang sama, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SDIT Bina Insan Kragilan Annisatul Hikmah mengatakan kunjungan tersebut bertujuan memberikan pemahaman kepada anak didik terkait dengan profesi pekerjaan damkar.
 
"Ini adalah agenda tahunan kita yang namanya wisata edukasi, rutin kita lakukan untuk anak-anak murid dari kelas satu sampai dengan kelas enam. Tempatnya berbeda-beda, ada yang ke Polda Banten, Damkar, BMKG, dan Museum Kesultanan Banten," kata dia.
 
Pihaknya berterima kasih atas edukasi dan pemahaman yang telah diberikan Damkar Provinsi Banten kepada anak-anak didiknya mengenai kebakaran.
 
Ia berharap, melalui kegiatan wisata edukasi tersebut para anak murid bisa menerapkan pada kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Pemkot Tangerang terima hibah lahan dan bangunan untuk Pos Damkar.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024