Dinas Pendidikan Kota Tangerang Banten menyebutkan pelaksanaan pembiasaan makan bergizi gratis (MBG) mengedukasi pelajar mengenai berbagai penyakit yang bisa dicegah sejak dini melalui asupan makanan dan minuman sehari-hari.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin di Tangerang Selasa mengatakan saat sosialisasi dilakukan banyak anak-anak yang tidak mengetahui manfaat dari susu cair yang diberikan.

“Awalnya masih banyak yang tidak mau diminum karena rasanya tawar, tapi setelah diedukasi kalau susu fullcream tawar ini lebih sehat karena rendah gula, baru mereka ada yg mulai mencoba dan akhirnya semua suka,” kata Jamaluddin saat memantau kegiatan MBG di DN Kedaung Wetan Baru 2, Kecamatan Neglasari, Selasa.

Baca juga: Pelaksanaan makan bergizi gratis di Kota Tangerang disebut semakin baik

Ia menuturkan pemenuhan gizi seimbang bagi anak-anak merupakan salah satu tujuan penting dari pelaksanaan makan bergizi gratis yang telah berlangsung sejak awal bulan Agustus 2024 di Kota Tangerang.

“Karena kita juga prihatin, tidak sedikit anak-anak atau remaja di Indonesia sudah terkena penyakit kronis bahkan harus cuci darah akibat salah satunya berlebihan makan dan minuman yang manis,” katanya.

Ahli Gizi dari Puskesmas Kedaung Wetan, Yuni Ismawati mengatakan susu fullcream yang diberikan pada waktu snack time atau dua jam sebelum makan siang ini sebagai penambah nutrisi, sumber protein dan kalsium bagi anak.

Baca juga: Pemkot Tangerang sasar 10.535 siswa dalam pembiasaan MBG pada September

“Jika diberikan dalam bentuk susu cokelat atau rasa lain, dikhawatirkan ada kandungan gula berlebih sehingga tidak memenuhi gizi seimbang dan menjadi salah satu penyebab terjadinya obesitas bahkan diabetes," jelas Yuni.

Respon para siswa SDN Kedaung Wetan Baru 2, juga sangat baik terkait pelaksanaan MBG di sekolahnya, di antaranya Fajri Alamsyah dan Jio Herfi, yang duduk di kelas 5 SD. “Seneng, enak juga ini makanannya,” ujar Fajri.

Dinas Pendidikan (Disdik) menargetkan pembiasaan Program MBG selama bulan September 2024 menyasar 10.535 siswa. Program pembiasaan ini dapat menjadi modal penting untuk menyambut program unggulan makan bergizi gratis dari pemerintah pusat pada tahun depan.

Baca juga: Pemkot Tangerang ajak orang tua siswa pilih menu makan bergizi gratis

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024