Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Provinsi Banten Virgojanti memastikan masyarakat dapat lebih mudah mengakses layanan kesehatan dengan capaian 99 persen Universal Health Coverage (UHC).

Virgojanti di Serang, Selasa, menyatakan dengan capaian tersebut, masyarakat tidak perlu khawatir jika tidak memiliki, atau belum terdaftar di layanan kepesertaan BPJS Kesehatan.

"Untuk sementara bisa menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) lalu datang saja ke faskes terdekat, nanti akan otomatis didaftarkan ke BPJS Kesehatan," ujar Virgojanti dalam forum komunikasi dan kemitraan dengan pemangku kepentingan tingkat Provinsi Banten 2024.

Dia mengatakan semua untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Selain itu BPJS Kesehatan juga sudah berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanannya.

Saat ini, bagi peserta baru yang didaftarkan oleh pemerintah, bisa langsung memanfaatkan layanan kesehatan. Sehingga, tidak harus menunggu proses sampai 14 hari kerja.

Baca juga: Pemprov Banten buka layanan kesehatan gratis bagi masyarakat

Dalam rakor tersebut, kata Virgojanti, banyak hal yang dibahas bersama seluruh pihak yang berkepentingan untuk menyelesaikan beberapa tantangan yang dihadapi, terutama partisipasi masyarakat yang terdaftar dalam kepesertaan BPJS mandiri.

"Ini kita ingin tingkatkan. Makanya dilaksanakanlah rakor ini sehingga semuanya terkomunikasikan dengan baik," kata dia.

Virgojanti juga menekankan jika saat ini RSUD Banten tengah mempersiapkan layanan untuk pasien kanker yang bisa terlayani dengan menggunakan BPJS.

"Sehingga nanti masyarakat Banten yang akan berobat kanker, tidak harus jauh-jauh ke Jakarta," kata dia.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Serang Adiwan Qodar mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan itu untuk optimalisasi program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Provinsi Banten, baik dari sisi optimalisasi kepesertaan maupun dari sisi layanan kesehatannya agar semakin baik lagi.

"Banyak hal yang disampaikan terkait dengan capaian dan permasalahan yang ada serta solusinya yang membutuhkan dukungan semua pihak, sehingga manfaat JKN ini bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat," ujar dia.

Baca juga: Pemprov Banten komitmen laksanakan layanan dasar bagi masyarakat
 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024