Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Banten mengajak para orang tua di daerah itu jika ada anaknya yang belum imunisasi polio bisa membawanya ke puskesmas, karena masih dilayani hingga 23 September mendatang.

Kepala Dinkes Kota Tangerang Dini Anggraeni di Tangerang, Minggu, mengatakan pemkot telah memperpanjang masa imunisasi polio bagi anak meski targetnya sudah terpenuhi.

"Masih ada waktu, karena puskesmas masih menyediakan. Silakan bawa ke puskesmas agar anaknya bisa mendapatkan imunisasi polio," ujarnya.

Baca juga: Dinkes Kota Tangerang masih buka pelayanan vaksinasi polio di puskesmas

Berdasarkan data hingga (24/8) capaian PIN Polio di Kota Tangerang sebesar 100,4 persen atau 246.299 anak telah diimunisasi polio. Sementara itu imunisasi polio menyasar 245.257 anak.

Dini menambahkan bagi orang tua yang ingin membawa anaknya ke puskesmas mendapatkan imunisasi, harus menyesuaikan jadwal melalui akun media sosial setiap puskesmas.

"Datang ke puskesmas sesuai dengan waktu dan informasi ketersediaan vaksinnya," ujarnya.

Ia menegaskan layanan imunisasi polio di puskesmas tidak dikenakan biaya atau gratis. Karena ini bagian dari program pemerintah untuk melindungi anak-anak dari kelumpuhan.

Baca juga: 246.299 anak di Kota Tangerang sudah diimunisasi polio tahap dua

Dokter spesialis anak Eka Hospital BSD Tangerang Arnold Soetarso mengatakan menunda atau tidak memberikan imunisasi kepada anak dapat berisiko tinggi, karena mudah terinfeksi penyakit dan menyebabkan kekebalan kelompok terganggu, sehingga penyakit dapat kembali menyebar

Ia menuturkan imunisasi merupakan salah satu prosedur penting untuk melindungi anak dari berbagai penyakit berbahaya. Dengan memberikan imunisasi, tubuh anak akan dilatih untuk memproduksi antibodi yang dapat melawan kuman penyebab penyakit.

Imunisasi adalah proses pemberian vaksin ke dalam tubuh untuk merangsang sistem kekebalan tubuh agar menghasilkan antibodi.

Vaksin merupakan mikroorganisme (virus atau bakteri) yang telah dilemahkan atau dibunuh, sehingga tidak menyebabkan penyakit, tetapi cukup kuat untuk merangsang produksi antibodi.

Ada beberapa manfaat imunisasi, kata dia, antara lain mencegah penyakit serius seperti polio, campak, rubella, difteri, pertusis, dan tetanus. Selain itu, mencegah kematian, mencegah penyebaran penyakit, dan membentuk kekebalan kelompok.

Baca juga: Dokter sebut menunda imunisasi anak bisa berisiko tinggi

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024