Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tangerang menggandeng Dewan Pengurus Daerah Persatuan Ahli Gizi Indonesia Provinsi Banten memberikan edukasi kepada guru dan komite sekolah terkait penerapan pola makan sehat dan bergizi.

Kepala BKPSDM Kota Tangerang Jatmiko dalam keterangan di Tangerang, Kamis, mengatakan edukasi dilakukan sebagai tindak lanjut dari evaluasi dalam pelaksanaan pembiasaan makan bergizi gratis (MBG) di Kota Tangerang.

"Kita ingin para guru dan pihak sekolah lainnya yang terlibat dalam pembiasaan makan bergizi gratis mengenal pola gizi seimbang yang diberikan kepada anak," kata dia.

Baca juga: MBG disebut perbaiki kebiasaan makan di rumah yang kurang baik

Ia menuturkan hal ini penting dilakukan dalam mendukung terciptanya generasi yang lebih sehat, cerdas dan berdaya saing melalui pemberian akses makanan bergizi kepada anak-anak, khususnya di lingkungan sekolah,

"Jadi, nantinya menu makanan yang diberikan bisa diinovasi agar anak tidak bosan, tetapi tetap mengacu pada pola gizi seimbang yang telah ditetapkan standarnya," ujarnya.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin mengatakan program makan bergizi gratis bisa memperbaiki kebiasaan makan di rumah yang kurang baik seperti anak yang tidak suka sayuran.

"Ada siswa yang tidak suka makan sayur atau ayam, dan hanya memilih makan tempe orek. Ini mencerminkan kebiasaan di rumah yang perlu kita perbaiki secara perlahan melalui program ini," kata Nurdin saat meninjau pelaksanaan kegiatan makan bergizi gratis di SD Sudimara 7 Ciledug, Rabu (4/9).

Baca juga: Susu menu MBG disebut kurang manis agar kalori tidak berlebihan

Kota Tangerang bersama Kota Cilegon dipilih sebagai lokus untuk proyek percontohan uji coba Program MBG Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2024-2029.

Pada 1 Agustus 2024, Pemkot Tangerang bersama JW Movement menggelar simulasi uji coba kegiatan strategi dan mitigasi operasional Program MBG di lima sekolah dengan sasaran 3.125 siswa. Lalu, dilanjutkan uji coba pada 5 - 9 Agustus 2024, di 34 sekolah dengan sasaran 27.555 siswa.

Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka melakukan pemantauan secara langsung pada 5 Agustus 2024, dan mengapresiasi kesiapan Pemkot Tangerang dalam menerapkan program makan bergizi gratis.

Pemerintah Kota Tangerang Banten mulai melaksanakan pembiasaan makan bergizi gratis selama tiga bulan di 60 sekolah mulai 12 Agustus 2024 dengan penerapan satu hari satu sekolah.

Baca juga: Program makan bergizi gratis dimulai penuh 2 Januari 2025

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024