Serang (Antara News Banten) - Gubernur Banten Wahidin Halim didampingi Sekda Banten Ranta Soeharta  menerima kedatangan sekitar 1500 masyarakat Baduy dari Desa Kanekes Kecamatan Leuwi Damar Kabupaten Lebak, di Alun-alun Barat Kota Serang, di Serang, Sabtu.
     
Kedatangan sekitar 1500 masyarakat adat Baduy tersebut untuk melaksankaan ritual seba pada Sabtu (21/4) malam di halaman Museum Banten.
     
Gubernur Banten Wahidin Halim menyampaikan selamat datang kepada warga Baduy di Provinsi Banten yang akan melaksanakan seba. Gubernur Banten mengapresiasi masyarakat Baduy karena tetap mempertahankan tradisi atau adat istiadat serta tetap membangun serta mempertahankan harmonisasi lingkungan  alam dengan lingkungan masyarakatnya.
     
"Secara ekonomi mereka punya system sendiri, pertanian mereka mempunyai caranya sendiri, tidak ada kegelisahan hidup dihatinya dan mereka adalah orang yang mempunyai tanggung jawab terhadap alam dan sekitarnya," kata Wahidin.
     
Ia mengatakan, Baduy ini unik dan antik tidak hanya di kenal di Indonesia tetapi para peniliti asing Amerika dan Inggris melakukan penilitian di masayarakat baduy yang tetap mempertahankan tradisinya .
     
"Saya Gubernur yang disebut Bapak Gede berdo’a  agar kalian (Warga Baduy)  tetap mempertahankan tradisi," katanya.
     
Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengatakan, untuk menyambut warga Baduy yang akan melaksanakan Seba serta meramaikan kegiatan tersebut, beragam pertunjukan seni budaya akan ikut disuguhkan. Mulai dari tari-tarian, wayang golek dan pemutaran film pariwisata dan hiburan dihadirkan.
     
Menurut Eneng, Banten memmiliki  7  (tujuh) keajaiban atau Wonders of Banten antara lain, Banten Lama, Taman Nasional Ujung Kulon, Pulau Sangiang, Suku Baduy, Pulau Umang, Gunung Krakatau, dan Rawadano.
   
"Banten kaya akan potensi budaya dan destinasi pariwisata, salah satunya destinasi wisata budaya adalah 'Seba' yang setiap tahun dilakukan masyarakat adat Baduy di Kabupaten Lebak," kata Eneng Nurcahyati. ***4***

Baca juga: Banten Promosikan Destinasi Wisata Melalui Seba Baduy

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018