Pemeriksaan kesehatan calon kepala daerah pada Pilkada serentak 2024, menyisakan cerita tersendiri bagi sejumlah bakal calon, terutama bagi mereka yang baru pertama ikut serta dalam ajang tersebut.

Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Serang, Ratu Zakiyah-Najib Hamas untuk pertama kalinya mengaku deg-degan menjalani pemeriksaan kesehatan yang digelar KPU Kabupaten Serang di RSUD Banten, Kota Serang, Sabtu (30/8).

Ratu Zakiyah ditemui usai menjalani rangkaian pemeriksaan mengaku apa yang dialaminya karena ini merupakan kali pertama baginya yang dilakukan untuk memenuhi syarat pencalonan Pilkada Kabupaten Serang 2024.

Istri wakil Ketua MPR Yandri Susanto ini mengaku, untuk menghadapi pemeriksaan kesehatan dirinya menjalani puasa sejak malam Sabtu kemarin. Dirinya juga menghindari meminum obat-obatan yang dikhawatirkan dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan.

Namun tetap saja, Ratu Zakiyah mengaku merasa deg-degan itu tak terhindarkan terutama saat dirinya menjalani pemeriksaan kesehatan organ reproduksi wanita.

"Yang bikin deg-degan karena saya perempuan tentu ketika kita pemeriksaan bagian dalam soal kesehatan reproduksi perempuan. Karena bagian dalam yang diperiksa jadi berfikir seperti mau melahirkan diperiksa semuanya jadi itu yang buat deg-degan," kata Ratu Zakiyah.

Baca juga: Istri Wakil Ketua MPR resmi daftar Pilkada ke KPU Kabupaten Serang

Bakal Calon Bupati Serang, Ratu Zakiyah juga memaparkan dirinya mendapat arahan dari sejumlah dokter spesialis agar tetap menjaga dan mempertahankan pola hidup bersih dan sehat. 

"Iya tadi juga dapat pesan supaya selalu jaga pola hidup sehat. Begitu juga pesan saya untuk masyarakat Kabupaten Serang agar selalu menjaga kesehatan nya supaya bisa aktifitas secara maksimal," katanya.

Sementara itu, Bakal Calon Wakil Bupati Serang, Najib Hamas mengaku merasakan hal serupa saat pemeriksaan. Najib mengungkapkan merasa deg-degan ketika diminta menggambar bentuk orang saat dirinya menjalani pemeriksaan tes psikologi.

Meski demikian baik Ratu Zakiyah maupun Najib Hamas mengaku dapat menjalani pemeriksaan kesehatan dengan nyaman. Hal itu lantaran didampingi dokter dan perawat yang profesional.

"Psikologi sifatnya yang paling berat menggambar orang yang paling berat menggambar. Tapi Alhamdulillah kami bisa melewati rangkaian ini. Kami berdua sangat mengapresiasi pelayanan di Rumah Sakit ini, kami bangga karena ada RSUD di Banten yang lengkap fasilitasnya. Dokter dan perawat yang mendampingi juga profesional sehingga kami merasa nyaman menjalani pemeriksaan kesehatan ini," kata Najib.

Baca juga: Maju Pilbup Serang, Ratu Rachmatu Zakiyah masih berstatus ASN

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Serang, Muhamad Nasehudin mengatakan, hasil pemeriksaan kesehatan para bakal calon baru akan diserahkan RSUD Banten pada 2 September mendatang.

" Tanggal 2 September ini selesai pemeriksaan, nanti hasil disampaikan. KPU menanti dari dokter RSUD Banten," kata Nasehudin.

Adapun pemeriksaan yang dijalani Pasangan Ratu Zakiyah-Nazib Hamas hari ini merupakan pasangan bakal calon terakhir yang menjalani pemeriksaan. Mengingat pada Pilkada Kabupaten Serang hanya terdapat dua pasang bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang mendaftar. 

Sebelumnya pasangan Andika-Nanang telah lebih dulu menjalani pemeriksaan kesehatan pada Kamis (29/8).

Baca juga: RSUD siapkan 26 dokter spesialis untuk tes kesehatan paslon Pilkada Banten
 

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024