Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP) Sitanala, Kota Tangerang, dr. H. Afrizal Hasan mengatakan pemeriksaan kesehatan bakal calon kepala daerah untuk Pilkada 2024 melibatkan 35 tenaga kesehatan termasuk petugas dari Badan Narkotika Nasional (BNN) setempat.

"Kami menyiapkan kurang lebih ada 20 tenaga medis, 10 dokter spesialis untuk dapat memeriksa calon pimpinan daerah, dan ada dua orang tim dari BNN serta tiga orang untuk tenaga kesehatan spesialis kejiwaan serta satu tenaga psikologis," kata Afrizal Hasan di Tangerang, Kamis.

Menurut dia, tahapan tes kesehatan pada para calon kepala daerah itu, terdapat tiga poin utama dalam pelaksanaan yakni kesehatan fisik, mental, serta pemeriksaan narkoba.

"Kalau untuk total ruangan sampai ke ruang istirahat yang digunakan ada 23 ruangan," katanya menambahkan.

Baca juga: Tiga paslon Kabupaten Tangerang tes kesehatan di RSUP Sitanala

Dia menambahkan, pemeriksaan kesehatan bakal calon akan dilaksanakan selama dua hari, 30 Agustus sampai 1 September dimana untuk tahapan pertama tes kesehatan dilakukan kepada tiga calon bupati dan wakil bupati daerah Kabupaten Tangerang.

Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap seluruh para calon, tim pemeriksa dari RSUP Sitanala melakukan rapat penilaian hasil tes kesehatan tersebut.

"Semua tim dokter kita mengadakan rapat untuk memutuskan hasilnya. Nanti di jadwalkan pukul 11.00 WIB malam nanti," kata dia.

Sementara itu, KPU Kabupaten Tangerang telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati yang maju sebagai peserta pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di daerah itu.

Adapun dari ketiga pasang calon yang sudah mendaftarkan adalah Zulkarnain-Lerru dari jalur perseorangan, Mad Romli-Irvansyah dan Maesyal Rasyid-Intan Nurul Hikmah.

Baca juga: Kapolres Tangerang Kota pastikan keamanan RSUP Sitanala
 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024