Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang, Banten menggelar razia tas bawaan pelajar tingkat SMP maupun SMA/SMK untuk mencegah kenakalan remaja seperti tawuran.

Kasie Ketentraman dan Ketertiban Umum(Trantibum) Kecamatan Ciledug Agung Wibowo di Tangerang, Selasa dalam kegiatan hari ini, Satpol PP menyasar SMK Bina Bangsa dan SMK Bhakti Mulya.

"Untuk giat hari ini, petugas tidak menemukan rokok maupun senjata tajam lainnya. Ini akan rutin dan berkala ke seluruh sekolah baik tingkat SMP maupun SMA/SMK di Kecamatan Ciledug,” kata Agung.

Dalam razia di lapangan, kata Agung, petugas mendatangi kelas dan memeriksa secara teliti setiap bagian tas bahkan lembar buku dilakukan pemeriksaan oleh petugas.

“Petugas juga menyisir kolong meja dan setiap sudut sekolah yang berpotensi di temukan benda tajam, atau lainnya untuk melakukan tindak pidana atau kenakalan remaja yang kerap terjadi,” tegasnya.

Baca juga: Pemkot Tangerang gelar edukasi soal bahaya narkoba dan tawuran

Ia menuturkan, tindak pengawasan ini, merupakan upaya penegakan Perda Nomor 5 Tahun 2010 tentang kawasan bebas tanpa asap rokok serta meminimalkan tindak kenakalan remaja, seperti tawuran di luar sekolah.

“Kegiatan ini telah menjadi agenda rutin petugas trantibum Kecamatan Ciledug untuk mengantisipasi tindak kriminalitas jalanan yang dilakukan pelajar. Tak segan, Satpol PP akan melakukan penindakan jika ditemukan hal-hal buruk, sesuai dengan aturan yang ada,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang Jamaluddin menuturkan, Pemkot Tangerang selama ini telah menyosialisasikan imbauan secara masif untuk mencegah maraknya aksi tawuran pelajar.

“Kami juga telah bekerja sama dengan berbagai pihak, bahkan sampai melibatkan partisipasi remaja secara langsung dengan membentuk Saka Praja Wibawa Kepramukaan dan Pelajar Mitra Praja untuk mengampanyekan pencegahan kenakalan remaja, khususnya tawuran antar pelajar di Kota Tangerang,” ujarnya.

Baca juga: Polisi Tangerang amankan pelajar SMP hendak tawuran
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024