Ketua Umum Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan (Pipas) Anna Reynhard Silitonga resmikan fasilitas Pos Layanan Terpadu (Posyandu) Ibu dan Balita Berdikari 03 yang berada di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tangerang, Banten.

Peresmian Posyandu Ibu dan Balita di Lapas Kelas IIA Tangerang, Senin ini ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti oleh Ketua Umum Pipas. Di kesempatan yang sama, dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang “Dukungan Pelayanan Kesehatan Dasar dan Posyandu bagi Warga Binaan, Anak Bawaan, dan Keluarga Besar Pemasyarakatan” antara Lapas Kelas IIA Tangerang dengan UPTD Puskesmas Tanah Tinggi.

"Pemasyarakatan memiliki tanggung jawab untuk memastikan pencegahan dan penanganan bagi anak bawaan narapidana perempuan yang berada di Lapas /Rutan. Untuk itulah, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan mengusung program pembentukan Posyandu Ibu dan Balita sebagai upaya pencegahan dan penanganan stunting di lingkungan Pemasyarakatan," kata Anna dalam keterangan resminya.

Baca juga: 6 WNA langgar Keimigrasian diamankan pada Operasi Jagratara Kemenkumham Banten

Dengan menggandeng Pipas, ia berharap pencegahan dan penanganan stunting khususnya di lingkungan Pemasyarakatan semakin masif, karena dapat menyasar putra/putri petugas pemasyarakatan sekaligus anak dari warga binaan.

Anna juga mengajak seluruh pihak untuk memerangi stunting, khususnya di lingkungan Pemasyarakatan, sehingga mampu mewujudkan zero stunting sebagaimana telah disampaikan oleh Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pemasyarakatan pada kegiatan pengukuhan Duta Anti Stunting Pemasyarakatan.

Selain itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Banten Dodot Adikoeswanto mengatakan Posyandu Berdikari 03 Lapas Kelas IIA Tangerang ini merupakan salah satu upaya untuk memudahkan masyarakat terutama warga binaan yang hamil atau mempunyai anak titipan dalam memperoleh pelayanan kesehatan bagi Ibu dan Anak.

"Saya berharap seluruh Kepala Unit Pelaksana teknis Lapas/ Rutan/ LPKA di Banten turut berkomitmen mensukseskan program Pemasyarakatan Zero Stunting dengan melakukan hal serupa," harap Dodot.

Usai peresmian, Ketua Pipas beserta rombongan meninjau langsung pelayanan Posyandu yang diberikan kepada keluarga Pemasyarakatan Lapas Kelas IIA Tangerang.

Baca juga: Penampilan DWP Kumham Banten pada Pergela dapat apresiasi Wastra Banten

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024