Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang, Banten, mengatakan aplikasi sistem elektronik data harga dan pasokan pangan (Sedhapp) membantu masyarakat umum untuk mengetahui harga bahan pangan di pasar.

"Ini merupakan layanan digital yang menampilkan harga bahan pangan di pasar secara 'real time' dan stok dari setiap komoditas dapat dilihat masyarakat," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskeswan DKP Kota Tangerang Wina Listiana di Kota Tangerang, Jumat.

Ia berharap layanan berbasis digital ini menjadi referensi bagi masyarakat ketika ingin membeli atau berbelanja bahan pangan di pasar sehingga bisa mengatur uang yang dibawa dan tahu kondisi stok barang.

"Intinya membantu mengetahui harga dan stok pangan. Karena itu jadi kunci utama ketika orang mau belanja ke pasar," kata dia.

Baca juga: Wali Kota: Tangerang Digifest upaya memasyarakatkan digitalisasi

Selain aplikasi Sedhapp, DKP Kota Tangerang juga mempublikasikan layanan aplikasi Sip Qurban atau Sistem Informasi Pendataan Hewan Qurban. Program ini menyajikan berbagai data informasi mengenai layanan hewan kurban.

"Lewat Sip Qurban, kami menyajikan berbagai data seperti jumlah lokasi lapak hewan kurban, data pemotongan hewan kurban, dan jumlah masyarakat yang melakukan kurban," katanya.

Kemudian stan DKP Kota Tangerang pada Tangerang Digital Festival Vol.2 juga menyediakan layanan kesehatan untuk hewan peliharaan masyarakat.

"Masyarakat yang hadir ke stan DKP di Tangerang Digifest bisa membawa anabulnya untuk diberikan vaksinasi rabies ataupun melakukan pengecekan kesehatan para anabul," kata dia.

Baca juga: DPUPR Tangerang kenalkan layanan digital perbaikan jalan sehari tuntas ke publik

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024