Kapolda Banten Irjen Pol Suyudi Ario Seto mengatakan kedepankan preemtif dan preventif dalam pengamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.
 
Kegiatan pengamanan tersebut diimplementasikan dalam operasi Kepolisian mandiri kewilayahan Mantap Praja Maung 2024, yang akan dilaksanakan selama 117 hari.
 
"Polda Banten menggelar operasi Kepolisian mandiri kewilayahan dengan sandi Mantap Praja Maung 2024 yang  dilaksanakan selama 117 hari dengan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif, dan penegakan hukum yang juga didukung oleh kegiatan intelijen untuk mengamankan setiap tahapan Pilkada," kata Suyudi di Serang, Selasa.

Baca juga: Kapolda Banten imbau masyarakat tidak terpecah akibat berita hoaks

Dalam rapat koordinasi (Rakor) lintas sektoral bersama Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Banten, Suyudi mengatakan Polri sebagai penanggungjawab keamanan dalam negeri berkewajiban untuk mengawal, menjaga dan mengamankan penyelenggaraan Pilkada 2024.
 
"Operasi melibatkan pergelaran personel di lapangan dalam bentuk satuan tugas tingkat Polda dan Polres, sebanyak 5.059 personel Polri, 1.501 personel TNI, serta 21.424 personel Linmas untuk mengamankan 10.712 lokasi tempat pemungutan suara (TPS)," ujar dia.
 
Hal tersebut dilakukan melalui manajemen keamanan terpadu dan komprehensif mengerahkan segala sumber daya yang ada serta memperkokoh kerja sama sinergis dengan penyelenggara Pilkada, TNI, pemerintah daerah, masyarakat dan mitra keamanan lainnya, agar pesta demokrasi pilkada serentak 2024 dapat berlangsung dengan aman, damai dan demokratis.
 
Suyudi menegaskan kepada seluruh personel Polri dan ASN agar tetap menjaga netralitas, dengan tidak berpihak kepada salah satu calon peserta Pilkada maupun kelompok tertentu selama berlangsungnya seluruh tahapan Pilkada serentak 2024.
 
Dia meminta seluruh jajaran dan instansi terkait, untuk mengawal dan mengamankan setiap tahapan Pilkada dengan sebaik baiknya agar dapat memberikan rasa aman kepada penyelenggara dan masyarakat peserta pilkada, sehingga terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif.

Baca juga: PAN deklarasi bakal calon kepala daerah se-Provinsi Banten

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024