Bupati Serang Ratu Tatu Casanah berharap anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas pada HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2024 menjadi generasi yang membanggakan mengingat tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan.

"Kami meminta meminta kepada anggota Paskibraka menjadikan momentum ini untuk meningkatkan disiplin, rasa cinta tanah air dan berjiwa nasionalis, sehingga menjadi generasi membanggakan," kata Ratu Tatu pada pengukuhan anggota Paskibraka 2024 di Serang, Kamis.

Menurut dia, Paskibraka yang dikukuhkan tersebut selanjutnya akan bertugas pada upacara bendera di Kecamatan Waringin Kurang.

Baca juga: Menpora Dito tekankan pentingnya nilai keyakinan dalam seragam Paskibraka

Dalam dua hari ke depan, lanjut dia, anggota Paskibraka diharapkan bisa menjaga kondisi tubuh dengan menjaga pola makan, menjaga kesehatan ataupun yang dan tentunya di bawah pantauan pembinanya.
 
Selain itu, Tatu mengingatkan kepada para Paskibraka Kabupaten Serang 2024 yang baru dikukuhkan untuk selalu menjaga attitude atau sikapnya. 
 
"Mereka membawa nama baik dirinya sendiri, nama baik keluarga, dan nama baik daerah. Saya menyampaikan selalu menjaga attitude, menjaga perilaku supaya juga tidak ada hal-hal yang tidak di inginkan," katanya menambahkan.
 
Sebanyak 10 Paskibraka Kabupaten Serang di kirim untuk ke tingkat Provinsi Banten dan satu pelajar asal SMA Al Bayan Anyer, Kabupaten Serang bernama Naufal Gibran mewakili Provinsi Banten menjadi Paskibraka tingkat pusat ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Baca juga: Wali Kota Tangerang sebut pengalaman jadi bekal anggota Paskibraka sukses
 
Tatu juga menyampaikan kepada para Paskibraka maupun di tingkat provinsi, terlebih yang melaksanakan tugas di IKN bisa bertemu dengan Paskibraka dari seluruh Indonesia. Kesempatan tersebut diharapkan bisa dimanfaatkan untuk bersilahturahmi, berkomunikasi atau berbagi informasi dari teman-temannya. 
 
”Terutama memberikan informasi mengenai Kabupaten Serang, terkait pariwisata yang kita miliki sampaikan kepada mereka supaya mereka tertarik untuk bisa datang ke sini. Harus kita manfaatkan bagian dari promosi kita,” katanya menjelaskan.
 
Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Serang, Epi Priatna mengatakan bahwa pengukuhan Paskibraka sesuatu yang harus dilakukan dimana sebelumnya masih menjadi calon Paskibraka setelah dikukuhkan menjadi anggota Paskibraka. 
 
"Kita berharap besok di tanggal 17 Agustus 2024 di lapangan Waringinkurung baik menaikkan bendera maupun penurunan bendera bisa berlangsung aman lancar dan sukses, kita berharap itu," ujarnya. 

Baca juga: HUT RI di IKN disebut tonggak sejarah perpindahan ibu kota

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024