Tongkat estafet kepemimpinan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten kembali berganti, kali ini Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly merotasi dua pimpinan tinggi di lingkungan Kantor wilayah Kemenkumham Banten. 

Adapun dua pimpinan yang dirotasi yaitu Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Dodot Adikoeswanto yang kini menjabat sebagai Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung, dan Kepala Divisi Pelayanan dan HAM Meidy Firmansyah yang kini menjabat sebagai Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM di Kanwil Yogyakarta. 

Saat ini Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Banten di pimpin oleh Romi Yudianto yang sebelumnya menjabat  sebagai Inspektur Wilayah VI pada Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI, sedangkan untuk posisi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM di duduki oleh Zulhairi yang sebelumnya menduduki posisi yang sama pada Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta. 

Pergantian jabatan ini tertuang dalam SK Menteri Hukum dan HAM RI Nomor: M.HH-27.KP.03.03 tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Manajerial dan Nonmanajerial di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Baca juga: Kemenkumham Banten gelar festival layanan hukum dan HAM di satu tempat

Bertempat di Graha Pengayoman, Yasonna mengatakan untuk seluruh pejabat yang baru saja di lantik untuk menjalankan amanah dengan baik di manapun kalian ditempatkan, jabatan yang baru merupakan kepercayaan yang di berikan maka harus bisa tunjukkan prestasi dimanapun tempatnya.

"Sebagai seorang ASN saudara harus bisa menerima pelantikan ini dengan baik dengan rasa bersyukur, dipundak saudara terdapat amanah yang besar,  yaitu amanah dari negara dan rakyat karena tugas yang kita emban merupakan upaya dalam mendorong suksesnya mekanisme penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada peningkatan pelayanan kepada masyarakat," kata Yasonna dalam keterangan resmi yang diterima media di Serang, Rabu.

Kementerian hukum dan HAM sebagai instansi yang memegang peran penting dalam penegakan hukum dan perlindungan hak asasi manusia memerlukan sosok figur pemimpin yang hanya tidak memiliki ahli kompetensi saja tapi juga memiliki integritas dan kemampuan untuk menginspirasi. 

"Jadi kita saat ini mempercayakan amanah  kepada saudara yang telah di lantik untuk mengambil peran penting untuk berkontribusi kepada bangsa dan negara, dalam menjalankan tanggung jawab ini ingatlah seorang pemimpin yang baik bukanlah sekedar ingin memiliki banyak pengikut akan tetapi pemimpin yang berhasil mencetak pemimpin-pemimpin yang baru," pungkasnya.

Baca juga: Pemkot Tangerang raih penghargaan terkait pendaftaran merek UMKM

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024