Dalam rangka menyambut HUT ke-79 RI, Universitas Terbuka Serang (UT Serang) ikut memeriahkan lomba marathon sejauh lima kilometer di Kecamatan Gunungkencana, Lebak Banten.

Kegiatan yang bertajuk 'Merdeka Berlari' tersebut dilaksanakan pada Selasa (13/8) dan diikuti kurang lebih 400 peserta dari berbagai daerah.

"Kita bisa melaksanakan event marathon dengan kurang lebih 400 peserta dari berbagai daerah, sejauh ini pelaksanaan cukup berhasil. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menjadi sumbangsih kami bagi pemerintah daerah, civitas akademika UT Serang, dan masyarakat pada umumnya," kata Camat Gunungkencana, Firman Arif Hidayat dalam keterangannya yang diterima Rabu.

Firman menyebutkan lomba marathon sepanjang lima kilometer itu berlangsung meriah karena antusias ratusan peserta dari berbagai daerah dan mendapat sambutan baik dari masyarakat. 

"Animo masyarakat menonton perlombaan ini sangat tinggi. Mereka gegap gempita sepanjang lintasan dan di seputaran area penyelenggaraan. Kolaborasi penyelenggaraan sangat terasa sehingga impresi atlet pun sangat positif. Mereka memandang bahwa meskipun baru pertama, namun nuansa nasional sangat terasa. Panitia bekerja dan menyiapkan event tersebut dengan baik," kata Firman.

Baca juga: Al Muktabar sambut baik kunjungan Rektor UT

Adapun lintasan lari dimulai dari garis start di depan Kantor Kecamatan Gunungkencana-Pertigaan Gunungbarat-Jati Dua (Jl. Raya Gunungkencana Banjarsari) dan finis kembali depan Kantor Kecamatan Gunungkencana.

Adapun yang menjadi juara pada lomba tersebut yaitu Narman Juara 1 (dari Baduy), Miktam Juara 2 (dari Bataliyon 320), Faisal Ichal Juara 3 (bataliyon 320), Jahadi Juara 4 (Baduy), Tio Ledo Juara 5 (Batalyon 320).

"Ini adalah momen baik untuk mengenalkan Gunungkencana melalui lomba lari. Insya Allah momen ini akan berulang setiap tahun dan UT Serang siap berpartisipasi," kata Firman.

Baca juga: UT Serang perkuat kemitraan dengan BNN dan PHRI Banten

Firman menambahkan, selain lebih memasyarakatkan hidup sehat melalui olahraga khususnya lari, event juga menjadi bagian dari pencarian bibit unggul atlet lari di Provinsi Banten. Selain itu juga sebagai sarana edukasi tentang pendidikan tinggi terbuka jarak jauh melalui UT Serang.

Para pemenang lomba marathon secara simbolis menerima hadiah berupa medali dan uang tunai jutaan rupiah.

"Dengan suksesnya gelaran Marathon 5K di Kecamatan Gunungkencana, tentu menjadi pemicu bagi tim panitia dan para pihak untuk menggelar acara di tahun mendatang. Acara ini tidak hanya mempererat tali silaturahmi antarwarga, tetapi juga memperlihatkan semangat kebersamaan dan cinta tanah air," katanya. 

Ia berharap acara tersebut dapat menjadi agenda tahunan yang terus memotivasi masyarakat untuk aktif berolahraga dan merayakan kemerdekaan dengan cara yang penuh makna.

Baca juga: UT Serang sosialisasikan program di Korem 064/Maulana Yusuf
 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024