Pemerintah Kota Tangerang, Banten, menggelar panen raya padi di area lahan seluas 16 hektar bersama kelompok tani harapan jaya di Kelurahan Karang Sari Neglasari dengan menghasilkan 6,5 ton gabah.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin di Tangerang, Senin, mengatakan kegiatan ini menjadi bukti komitmen pemkot dalam mendukung ketahanan pangan dan keberlanjutan pertanian.

"Alhamdulillah, hari ini dengan lahan seluas 16 hektar berhasil menghasilkan sekitar 6,5 ton gabah. Ini menjadi produksi yang cukup baik. Tentu hal ini merupakan bagian dari upaya kita semua dalam mengoptimalkan produksi pertanian, yang juga berpotensi dalam meningkatkan pertanian di 180 hektar sawah yang produktif di Kota Tangerang," kata Nurdin.

Baca juga: "Tangerang Great Sale" sediakan diskon hingga 79 persen

Ia mengatakan dengan siklus tanam yang tepat diharapkan hasil panen dapat ditingkatkan hingga tiga kali lipat, bahkan mencapai tujuh kali dalam setahun, sehingga secara signifikan hal itu dapat meningkatkan produksi beras lokal.

“Ini luar biasa, kami mengucapkan terima kasih melihat kerja keras dan dedikasi para petani ini. Pemkot akan terus mendukung para petani ini, dengan menyediakan sumber daya yang diperlukan seperti benih berkualitas, irigasi, dan peralatan pertanian. Kami bertujuan memberdayakan petani dan memastikan pasokan pangan yang berkelanjutan bagi Kota Tangerang," ujarnya.

Ia menyampaikan, di momen Hari Kemerdekaan RI ini, para petani dapat lebih sejahtera. Ia juga berharap, dengan bekerja sama, kita dapat memperkuat ekonomi lokal dan memastikan ketahanan pangan untuk generasi mendatang dapat tercukupi dengan baik.

Baca juga: Kota Tangerang mulai biasakan makan bergizi gratis di 60 sekolah.

"Kami berharap, agar petani di Kota Tangerang semakin sejahtera dengan hasil produksi panen terus meningkat. Kami targetkan panen raya padi ke depan bisa ditambah lagi, bisa 3-4 kali panen dalam setahun. Dan untuk mencapai hal tersebut, kami akan terus mendukung dengan penyediaan sarana pengolah tanah, irigasi, bibit unggul, serta pupuk dan obat-obatan yang diperlukan," paparnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Muhdorun mengatakan kegiatan panen raya padi ini dilakukan dalam rangka peringatan HUT ke-79 RI.

"Alhamdulillah, sampai Agustus ini sudah dua kali panen. Dengan siklus panen ini, diharapkan produksi padi akan semakin banyak lagi. Target kami bisa tiga kali panen, dan kami berharap para petani bisa memproduksi dengan maksimal, guna mencukupi stok pangan," katanya.

Baca juga: Disnaker Kota Tangerang gelar bursa kerja, sediakan 10 ribu lowongan

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024