Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, Banten, meraih penghargaan kategori utama dari Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) dan BPJS Kesehatan terkait capaian Universal Health Coverage (UHC) atau sistem penjaminan kesehatan melampaui target yang ditetapkan secara nasional.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin di Tangerang, Kamis, mengatakan UHC Kota Tangerang saat ini 99,71 persen, sedangkan target yang ditetapkan secara nasional yakni 98 persen.

"Bahkan UHC Kota Tangerang merupakan yang tertinggi se-Provinsi Banten," kata Pj  Wali Kota Nurdin dalam keterangannya usai menerima penghargaan dalam acara UHC Awards 2024 di TMII, Jakarta, Kamis.

Baca juga: Pendapatan daerah 2024 Kota Tangerang jadi Rp4,78 triliun

Nurdin menuturkan cakupan UHC Kota Tangerang sebesar 99,71 persen berdasarkan Data Konsolidasi Bersih (DKB) semester I tahun 2024 dengan tingkat keaktifan lebih dari 80 yaitu 86,72 persen.

Nurdin menegaskan Pemkot Tangerang berkomitmen dan terus berupaya dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi seluruh masyarakat.

"Saya kira ini adalah prioritas ya, karena masuk ke dalam urusan wajib pemerintahan, sehingga harus disiapkan dan diutamakan mulai dari penganggaran hingga bagaimana program jaminan kesehatan ini dapat berjalan dengan optimal," ujar Nurdin.

Pemkot Tangerang, kata dia, ingin sebisa mungkin  tidak ada masyarakat Kota Tangerang yang sakit. "Kalaupun ada, harus dapat langsung ditangani dan diobati dengan sigap dan cepat," ucap Nurdin.

Baca juga: Catat, balita konsumsi vitamin A bisa cegah diare

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024