Dinas Kesehatan Kota Tangerang Banten menyebutkan manfaat konsumsi vitamin A bagi balita tak hanya untuk kesehatan mata tetapi juga meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi seperti campak dan diare.

“Maka dari itu pemberian vitamin A menjadi salah satu nutrisi yang penting untuk tumbuh kembang anak. Bahkan, pemberian vitamin A menjadi agenda nasional bidang kesehatan, yang dibagikan secara gratis pada balita usia 6-59 bulan,” kata kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Dini di Tangerang Kamis.

Sementara itu selama bulan Agustus, Pemerintah Kota Tangerang memberikan Vitamin A kepada balita secara gratis yang dilaksanakan di 1.097 posyandu 39 puskesmas, Taman Kanak-Kanak (TK), PAUD termasuk taman bermain hingga penitipan anak.

Baca juga: Kepada 77.206 balita, Pemkot Tangerang bagikan vitamin A gratis

Dinas Kesehatan Kota Tangerang mencatat pemberian vitamin A diberikan ke 77.206 bayi dan balita dengan rincian 7.696 bayi usia 6-11 bulan menjadi target sasaran vitamin A berwarna biru dosis 100.000 IU dan 69.510 balita usia 12-59 bulan menjadi target sasaran vitamin A berwarna merah dosis 200.000 IU.

Perlu diketahui, apabila sang anak kekurangan vitamin A maka anak bisa menjadi rentan terserang penyakit infeksi, seperti infeksi saluran pernapasan atas, campak, hingga diare.

“Dengan itu, ayo, seluruh warga Kota Tangerang untuk memanfaatkan bulan vitamin A di Agustus ini, dengan membawa anaknya yang masih balita ke posyandu dan puskesmas terdekat dengan domisili masing-masing,” ujarnya.

Baca juga: 1,4 juta keluarga telah ikuti program BKB Posyandu

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024