Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang fokus pada peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) yang salah satunya lewat kerja sama antar instansi. 
 
Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah, di Serang, Selasa, mengatakan perjanjian kerja sama dengan para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait sifatnya perpanjangan dan yang pertama dengan Kepala Kejari yang merupakan Pengacara Negara. 
 
”Jadi dalam berbagai hal, sejak lama kami selalu didampingi oleh Kejari Serang dan seluruh jajaran,” ujarnya. 
 
Kemudian perpanjang kerja sama dengan PT PLN (Persero) berkaitan dengan pajak penerangan jalan umum (JPU) kemudian juga dalam rangka peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). 
 
”Tentunya banyak hal yang harus digali potensinya, duduk bersama antara PLN dengan Bapenda untuk peningkatan PAD,” katanya. 

Baca juga: Pemkab Serang: Survei kepuasan masyarakat atas pelayanan capai 80 persen
 
Lebih lanjut ia menjelaskan perpanjangan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan lantaran kehadirannya tentunya merupakan bentuk dari kehadiran negara, pemerintah terhadap masyarakat khusus di Pemkab Serang bagi Pegawai Non ASN. BPJS ketenagakerjaan juga membackup tenaga kerja non formal, misalnya kepala desa dengan perangkat desa. 
 
”Kemudian juga di masing-masing OPD dan mitranya, misal di bawah Dinas KBP3A ada kader posyandu, RT/RW lain sebagainya. Ini akan sangat membantu, tadi juga ada serah terima bantuan dari BPJS ketenagakerjaan terhadap keluarga korban meninggal dari perangkat desa,” katanya. 
 
Perpanjangan kerja sama juga dilakukan dengan Kantor KSOP Kelas I Banten berkaitan dengan peningkatan PAD terutama pada mineral bukan logam di Pulau Bojonegoro dan Pulo Ampel. Karena ketika barang ini di angkut melalui laut, Pemda Kabupaten Serang kesulitan menghitung untuk mengukur pajaknya. 
 
”Berkat kerja sama dengan KSOP ini alhamdulillah kami sangat terbantu. kerja sama dengan yang lain pun sangat terbantu baik persoalan hukum dengan Pak Kajari, maupun dalam peningkatan PAD dan pelayanan terhadap masyarakat. kerja sama ini dilakukan selama 5 tahun,” jelasnya. 
 
Pada kesempatan tersebut secara simbolis dilakukan penyerahan bantuan dari BPJS Ketenagakerjaan atas korban dari perangkat desa, dan bantuan sepeda motor listrik dari PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Banten kepada Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. 

Baca juga: Pemkot Serang andalkan dana CSR untuk bangun gedung SDN Suci yang rusak

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024