Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin mengajak Duta Aspirasi Publik menjadi kepanjangan tangan pemerintah kota (pemkot) untuk mensosialisasikan kanal layanan pengaduan kepada masyarakat.

"Diharapkan adanya Duta Aspirasi, masyarakat juga dapat lebih bijak dan terarah dalam melaporkan aduan-aduan serta aspirasi-aspirasinya kepada pemerintah," kata Nurdin saat membuka acara penjurian Duta Aspirasi Publik 2024 di Ruang Rapat Akhlakul Karimah Gedung Puspem Kota Tangerang, Senin

Saat ini telah terpilih delapan mahasiswa Kota Tangerang sebagai finalis yang nanti akan bersaing untuk menjadi juara Duta Aspirasi Publik 2024.

Baca juga: Pemkot Tangerang: 167 UMKM siap dilibatkan pada pengadaan makan bergizi gratis

Pemilihan Duta Aspirasi Publik, lanjutnya, merupakan ujud pengelolaan aduan masyarakat yang menjadi salah satu komponen dalam penyelenggaraan pelayanan publik dengan melibatkan partisipasi masyarakat di Kota Tangerang.

Apalagi, kata dia, pemerintah pusat dan daerah memiliki tanggung jawab untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakatnya. Namun diperlukan keterlibatan masyarakat agar aspirasi dapat disampaikan.

"Di sinilah peran penting Duta Aspirasi Publik untuk membangun resonansi dan mengamplifikasi berbagai aspirasi dan kebutuhan masyarakat kepada pemerintah," katanya.

Ia mengungkapkan Pemkot Tangerang berkomitmen untuk senantiasa membuka akses seluas-luasnya terhadap aspirasi dari masyarakat dengan menyediakan berbagai program dan layanan aduan masyarakat Kota Tangerang.

Baca juga: Pemkot Tangerang gunakan dana BOS daerah untuk uji coba makan bergizi gratis

"Berbagai kanal telah kami sediakan mulai dari Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda (LAKSA), ada Spam Lapor, bahkan pemkot juga menyediakan saluran-saluran melalui media sosial seperti Instagram dan website, serta super Apps Tangerang Live. Ada juga Tangerang Live Room sebagai media untuk memonitor perkembangan kota, yang semuanya dibangun supaya masyarakat bisa menyampaikan aspirasinya," ujar Nurdin.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Indri Astuti mengatakan Duta Aspirasi Publik juga akan membantu Pemkot Tangerang dalam menyampaikan program-program kepada masyarakat.

"Selain menyampaikan program-program yang dijalankan oleh Pemkot Tangerang, Duta Aspirasi Publik juga akan memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa Pemkot Tangerang membuka kanal seluas-luasnya untuk menerima saran, aduan, dan lainnya, melalui menu LAKSA pada Super Apps Tangerang Live," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Tangerang hadirkan gerakan sedekah satu telur satu pekan

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Lukman Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024