Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang, Banten menemukan 3.100 kasus Tuberkulosis (TBC) di wilayah itu berdasarkan data Januari hingga Juli 2024.
 
"Temuan di tahun 2024 ini sebanyak 3.100 kasus TBC angka tersebut menurutnya tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah jadi standar," kata Kepala Dinkes Kabupaten Serang Rahmat Fitriadi di Serang, Jumat.
 
Dinkes setempat berkomitmen menggencarkan sosialisasi lintas sektor untuk mempercepat eliminasi TBC, antara lain dengan membentuk Tim Percepatan Penanggulangan TBC Kabupaten Serang.

Baca juga: Pemkab Serang lakukan percepatan eliminasi dan penanggulangan TBC
 
Selain itu, menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) Serang Nomor 227 Tahun 2023 tentang Penanggulangan HIV/AIDS serta Keputusan Bupati Serang Nomor 443/kep.517-huk.dinkes/2023 tentang Tim Percepatan Penanggulangan TBC, dan menyusun rencana aksi daerah percepatan penanggulangan TBC.
 
Selain itu, pemantauan dan evaluasi dalam rangka meningkatkan capaian eliminasi TBC agar sesuai dengan target secara nasional 90 persen pada 2030.
 
”Di Kabupaten Serang melakukannya di awal sejak tahun 2023 sehingga pada tahun 2030 eliminasi secara nasional di Kabupaten Serang bisa tercapai," ujarnya.

Baca juga: Capai target temuan TBC, Pemprov Banten dapat apresiasi Kemenkes
 
Dinkes juga melakukan edukasi kepada warga agar mau berobat dan tidak malu dengan penyakitnya.

Selain itu, promosi tentang TBC melalui penyuluhan, pemberian komunikasi, informasi, dan edukasi, diseminasi informasi TBC oleh tokoh masyarakat, tokoh agama, Satgas TBC Kecamatan dan pemengaruh media sosial, serta pemberian testimoni pasien TBC untuk mengurangi stigma di masyarakat.
 
"Kita tidak tahu kalau seandainya ini tidak kita tangani angka TBC penularannya bertambah. Jadi kita sudah lakukan eliminasi TBC agar tidak signifikan lagi di daerah kita,” katanya.
 
Sekretaris Daerah Kabupaten Serang Nanang Supriatna mengatakan upaya dilakukan sejak tahun lalu dengan melakukan penemuan kasus, inisiasi pengobatan, terapi pencegahan tuberkulosis (TPT), serta investigasi kontak.
 
”Intinya kami mendukung penuh karena program nasional, kami akan mengikuti apa yang sudah dicanangkan pemerintah pusat dalam percepatan eliminasi TBC, khususnya di Kabupaten Serang,” ujarnya.

Baca juga: Pemda diminta mendagri bentuk satgas tangani TBC dan polio

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024