Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin mengatakan uji coba pelaksanaan pilot project makan bergizi gratis (MBG) Presiden terpilih periode 2024 - 2029 pada Kamis (1/8), dilaksanakan di lima sekolah dan melibatkan sebanyak 3.125 siswa.

Lima sekolah yang dijadikan tempat uji coba yakni SD Negeri Sukasari 4, SD Negeri Sukasari 5, SMP Negeri 4 Tangerang, serta SD dan SMP As-Syukriah.

Ia juga menuturkan Pemkot bersama Tim Dewan Ketahanan Nasional (Wantanas) telah melakukan rapat persiapan MBG, Rabu ini, untuk memastikan makanan yang akan dibagikan memiliki asupan gizi yang sesuai dengan standar kesehatan nasional.

"Rapat ini merupakan langkah penting untuk memastikan bahwa pelaksanaan MBG nantinya dapat berjalan dengan lancar dan efektif. Kami ingin memastikan dan berkomitmen untuk memberikan asupan gizi yang baik bagi anak-anak sekolah di Kota Tangerang, sehingga mereka dapat semakin tumbuh sehat dan cerdas," kata Pj Wali Kota Nurdin usai rapat bersama Wantanas di Puspemkot Tangerang.

Baca juga: 1 Agustus, Pemkot Tangerang uji coba makan gratis bagi 3.630 siswa

Nurdin juga mengatakan, langkah ini merupakan bentuk keseriusan Pemkot dalam upaya mendukung kesuksesan program Pilot Project MBG dan mewujudkan anak-anak yang sehat.

"Besok kami pastikan makanan yang dibagikan asupannya sesuai, mulai dari pemilihan menunya dan susu UHT. Kami pastikan agar memenuhi standar gizi seimbang, dan insya Allah kami siap menjadi role model pelaksanaan program MBG bagi daerah-daerah lain di seluruh Indonesia," katanya.

Ketua Tim Wantannas Taviota Bay mengatakan keberhasilan uji coba ini merupakan langkah awal yang baik menuju pelaksanaan Pilot Project MBG secara lebih luas di Kota Tangerang maupun nasional.

"Harapan kita semua, pelaksanaan Pilot Project ini dapat berjalan dengan lancar, sukses, dan tentunya asupan gizi yang diberikan mengikuti standar nasional," katanya.

Dalam rapat tersebut juga turut dihadirkan penyedia makanan atau UMKM, mereka akan menyiapkan berbagai varian menu dengan harga yang telah ditentukan sesuai standar kesehatan nasional, dan memastikan proses pelaksanaan berlangsung higienis dan aman.

Baca juga: Pemprov Banten perkuat kesiapan uji coba makanan bergizi gratis

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024