PolLead Consulting merilis hasil survei Bakal Calon Gubernur Banten 2024. Survei dilakukan pada 15-20 Juli 2024 dengan metode wawancara tatap muka secara langsung di delapan kabupaten kota Provinsi Banten.

Hasilnya, Airin Rachmi Diany dari Partai Golkar dinyatakan unggul dalam survei dengan memperoleh 41,28 persen suara. Sedangkan Arief R Wismansyah di urutan kedua dengan raihan 24,67 persen suara. Sedangkan kader PDI-P Rano Karno di urutan ketiga dengan 10,11 persen suara.

Urutan selanjutnya adalah Dimyati Natakusumah dengan 4,68 persen, Andra Soni meraih 3,61 persen dan Ade Sumardi 1,77 persen suara.

Baca juga: Demokrat usung bacagub empat provinsi, termasuk Andra Soni di Banten

Manajer Riset dan Kajian Stratejik PolLead Consulting Sugeng Lubar dalam keterangannya di Tangerang Minggu mengatakan, elektabilitas Airin jauh di atas Bacalon lainnya.

Pengambilan sampel survei menggunakan metodelogi multi-stage random sampling, dengan jumlah responden 1.200 orang dan margin of error 2,9%, dengan tingkat kepercayaan 95,00%.

Sebelumnya Rano Karno telah memberikan penyataan resmi yang disampaikan staf khususnya. Pemeran Si Doel tersebut mengungkapkan Banten membutuhkan darah segar dan generasi yang lebih muda untuk membangun kebaruan. 

"Banten membutuhkan orang-orang yang terbukti memiliki rekam jejak sebagai kepala daerah di tingkat II dan berhasil menunjukkan kesuksesan dan progresivitas pembangunan di wilayah yang pernah dipimpinnya," kata Rano Karno dalam keterangan resmi yang diterima wartawan.

Baca juga: Ini 12 program prioritas untuk Banten Maju Bersama dari cagub

Berikut ini Pernyataan Lengkap Rano Karno yang disampaikan kepada Media

Untuk masalah Banten, saya kira posisi saya sebagai petugas partai cukup jelas, yakni mengamankan apapun perintah partai terhadap saya. Saya dan semua kader partai PDI Perjuangan di Banten memangku kewajiban untuk menjaga marwah/kehormatan partai, dan sekaligus memenangkan partai.

Dan demi kemenangan partai, tak boleh ada yang memaksakan ego dan kepentingan diri sendiri. Termasuk di dalamnya, bila partai meminta saya untuk memberikan dukungan kepada siapapun calon yang didukung, maka akan saya lakukan. Dengan pengalaman yang saya miliki selama ini, bila memang diperlukan, saya akan membantu dan mendukung cagub dan cawagub Banten menyusun strategi pembangunan untuk Banten yang lebih modern dan berkemajuan. 

Banten membutuhkan darah segar dan generasi yang lebih muda untuk membangun kebaruan. Banten membutuhkan orang-orang yang terbukti memiliki rekam jejak sebagai kepala daerah di tingkat II dan berhasil menunjukkan kesuksesan dan progresivitas pembangunan di wilayah yang pernah dipimpinnya.

"Ini pernyataan Bang Rano terkait Pilkada Banten," kata Stafsus Rano Karno yakni Agus Haryadi.

Baca juga: Rano Karno sebut Banten butuh generasi muda bangun kebaruan

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024