Bupati Serang Banten Ratu Tatu Chasanah berjanji akan memberikan bonus tambahan bagi kafilah yang membawa nama baik daerah pada Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-21 tingkat Provinsi Banten .

Hal tersebut dilakukan untuk memberikan semangat kepada para kafilah karena pada MTQ sebelumnya Kabupaten Serang mengalami penurunan peringkat. 
 
"Ini tantangan kita harus evaluasi tadi saya sampaikan ke jajaran pengurus LPTQ Kabupaten Serang di dampingi jajaran Pemda Kabupaten Serang yang berkaitan evaluasi," kata Ratu Tatu Chasanah saat melepas kafilah di Serang, Rabu. 

Baca juga: Pemkab Lebak targetkan peringkat ketiga pada MTQ Banten 2024
 
Tatu mengaku mendapatkan informasi jika di kabupaten dan kota lain untuk qari dan qariah banyak yang berasal dari Kabupaten Serang, dan menjadi kafilah kabupaten dan kota lain. 
 
"Ini PR buat Pemda Kabupaten Serang dan LPTQ Kabupaten Serang untuk evaluasi semua ini, di Kabupaten Serang banyak pondok pesantren, maka pembinaan ini harus berjalan dengan rutin agar kita punya bibit-bibit unggul di Kabupaten Serang," katanya. 
 
Di sisi lain untuk memberikan semangat kepada para kafilah Kabupaten Serang, Tatu menjanjikan akan memberikan bonus-bonus khusus selain bonus dari APBD Kabupaten Serang yang sudah disiapkan. 
 
"Kita minimal masuk tiga besar, saya dengan pak ketua dewan InsyaAllah nanti akan memberikan bonus tambahan kepada kafilah agar semakin semangat," katanya. 

Baca juga: Harapan Wali Kota Tangerang pada kafilah saat tampil di MTQ Banten
 
Sementara itu, Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Serang, Sugi Hardono mengatakan terus memberikan pembinaan kepada para kafilah. Namun yang terpenting melakukan evaluasi mempelajari kelemahan pada MTQ Banten sebelumnya. 
 
”Sejak selesai MTQ tingkat Kabupaten Serang kita terus membina, memoles peserta sebanyak 64 orang. Semangat kita semua untuk mendukung keinginan Ibu Bupati Serang untuk meraih prestasi terbaik dalam gelaran MTQ Banten,” ujarnya. 
 
Pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Banten akan digelar pada 23 sampai 27 Juli 2024 di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Kecamatan Curug, Kota Serang. Agenda dua tahunan tersebut di ikuti delapan kabupaten dan kota se-Provinsi Banten. 
 
"Sebanyak 64 Kafilah Kabupaten Serang yang akan mengikuti MTQ ke 21 tingkat Provinsi Banten. Mulai dari 10 cabang yang diikuti Kafilah Kabupaten Serang dan sebanyak 24 golongan semua diikuti," katanya.

Baca juga: Pemkab Tangerang lepas 64 peserta ikuti MTQ ke-21 tingkat provinsi

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024