PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group), mendukung pengembangan Koperasi Karyawan Chandra Asri (Kopkar Asri) untuk berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan anggotanya.  

Kopkar Asri berhasil meraih predikat sebagai Koperasi Sehat tingkat Cilegon selama empat tahun berturut-turut mulai dari 2020 hingga 2023. 

Tak hanya itu, Kopkar Asri menjadi Koperasi Karyawan pertama di Cilegon yang memiliki sertifikasi kompetensi Dewan Pengawas Syariah serta Koperasi Karyawan yang memiliki Unit Syariah di Kota Cilegon. 

Kopkar Asri juga baru saja mendapatkan  penghargaan Sertifikasi Kompetensi Pengurus dan Pengelola serta penghargaan kepada ketua pengurus, Khaerullah sebagai Tokoh Penggerak Koperasi Pratama Tingkat Nasional dari Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN) pusat.

Baca juga: Dekopin nobatkan Wali Kota Cilegon sebagai tokoh Penggerak Koperasi Utama

Pada  22 Juli 2024, Walikota Cilegon, Helldy Agustian serta Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Didin Supriyatna dan Kepala Bidang UMKM, Atikoh, juga datang langsung untuk berkunjung ke kantor Kopkar Asri di Site Office Plant Chandra Asri di Ciwandan. Kunjungan ini sebagai bentuk apresiasi kepada Kopkar Asri yang mendapat penghargaan Tokoh Penggerak Koperasi Pratama Tingkat Nasional 2024 dan perhatian khusus pemerintah Kota Cilegon terhadap  pengembangan Unit Syariah dan Sertifikasi Dewan Pengawas Syariah yang digagas pertama kali oleh Dinas Koperasi Kota Cilegon.

Kunjungan Walikota disambut langsung oleh Direktur Legal, Hubungan Eksternal, dan Ekonomi Sirkular Chandra Asri Group, Edi Riva’I.

Dalam sambutannya, Edi Riva’i mengatakan, sebagai wujud nyata komitmen Perusahaan sebagai mitra pertumbuhan bagi pemangku kepentingan, Chandra Asri Group senantiasa mendukung pengembangan koperasi di lingkup perusahaan. 

"Kopkar Asri yang meraih penghargaan tingkat nasional dari DEKOPIN pada 11-12 Juli lalu, memberikan kebanggaan tersendiri bagi kami (Manajemen dan Karyawan) dan secara umum untuk seluruh masyarakat kota Cilegon. Kopkar Asri adalah bagian dari perkembangan Kota Cilegon itu sendiri dengan fokus memberikan layanan terbaik untuk anggotanya. Kami juga memberikan apresiasi kepada segenap tim Kopkar Asri, terutama Bapak Khaerullah selaku Ketua yang telah menerima penghargaan sebagai Tokoh Penggerak Koperasi Pratama tingkat Nasional atas dedikasinya dalam mengembangkan koperasi sehingga Kopkar Asri dapat menerima penghargaan 4 tahun berturut-turut sebagai Koperasi berpredikat Sehat di Kota Cilegon,” ujarnya.

Baca juga: Wali Kota Cilegon Helldy Agustian serahkan bantuan sosial pada ribuan anak yatim

Selain itu, Kopkar Asri juga mendukung kemitraan dengan pelaku usaha kecil di lingkungan Chandra Asri Group dan memberdayakan sumber daya manusia lokal.

“Hal ini sejalan dengan visi misi kami untuk berkontribusi dalam pembangunan ekonomi lokal dan pemberdayaan masyarakat,” tambah Edi.

Sementara itu, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, mengucapkan selamat atas penghargaan yang diberikan kepada Kopkar Asri sebagai Koperasi berpredikat sehat selama empat tahun berturut-turut. 

"Saya ucapkan selamat, karena Kopkar Asri meraih predikat sebagai koperasi sehat selama empat tahun berturut-turut. juga khususnya kepada ketua koperasi karena meraih penghargaan sebagai tokoh penggerak koperasi pratama tingkat Nasional serta mendapatkan sertifikasi kompetensi yang diberikan kepada pengurus dan pengelola. Dengan menempatkan the right man in the right place, organisasi akan berkembang dan manfaatnya dapat dirasakan masyarakat secara langsung seperti membuka peluang tenaga kerja lokal produktif di Cilegon,” ujar Helldy.

Baca juga: Kota Cilegon borong lima penghargaan di Harkopnas ke-77

"Kami juga mengharapkan Chandra Asri Group kedepannya dapat membantu mengembangkan Koperasi yang bekerja sama dengan UMKM di Cilegon agar lebih banyak produk lokal yang dipasarkan, sehingga masyarakat merasakan peningkatan kesejahteraan dalam jangka panjang,” tutup Helldy.

Setelah pertemuan antara Manajemen Chandra Asri Group dan Walikota, rombongan berkeliling untuk visit kantor Kopkar Asri dan minimart yang menjadi sentra penjualan barang-barang UMKM serta keperluan harian Karyawan. 

Sebagai informasi, Kopkar Asri saat ini mempekerjakan 11 karyawan internal serta 100 orang pekerja lokal yang dibiayai sendiri oleh KopKar Asri. Untuk anggota Koperasi saat ini mencapai kurang lebih 900 anggota. Koperasi ini bisa berkembang berkat dukungan dari manajemen Chandra Asri Group.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin resmikan Kresek Tangerang jadi kampung santri

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024