Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang telah memberikan beasiswa tingkat Strata Satu (S1) bagi 873 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dari 29 kecamatan.
 
"Dalam kurun waktu empat tahun terakhir, kami telah memberikan program beasiswa tingkat S1 bagi 873 guru PAUD dari 29 kecamatan," kata Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, saat membuka workshop kompetensi guru PAUD tingkat Kabupaten Serang, di Serang, Jumat.
 
Program beasiswa itu berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) terhitung sejak Tahun 2017 hingga 2024 melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang.
 
"Ini bagian dari program beasiswa yang diberikan oleh Pemda Kabupaten Serang terhadap guru PAUD, untuk peningkatan kapasitas dengan mendapatkan perkuliahan jenjang S1," katanya.

Baca juga: Beasiswa Tangerang cerdas bantu 182.084 siswa
 
Selain program beasiswa, menurut Bupati, pelatihan seperti workshop ini dilakukan oleh Disdikbud karena guru PAUD harus mempunyai keahlian khusus dalam mendidik anak-anak usia dini.
 
”Anak kecil kan susah untuk bisa fokus, nah ini keahlian-keahlian yang lainnya adalah workshop seperti ini untuk menambah kemampuan para guru PAUD,” katanya.
 
Berdasarkan data guru PAUD yang tersebar di 29 kecamatan, ada sebanyak 4.395 orang dan 873 diantaranya sudah mendapatkan beasiswa S1. Meski demikian dari jumlah tersebut banyak guru PAUD sudah menyandang gelar S1, hanya saja bukan pada jurusan pendidikan PAUD.

Baca juga: Bank Indonesia Banten salurkan beasiswa pendidikan untuk 125 mahasiswa
 
”Mudah-mudahan ke depan, semua bisa mendapatkan program beasiswa ini. Karena peningkatan guru PAUD menurut kami sangat penting. Kita semua tahu bahwa di usia dini perkembangan anak baik itu kecerdasan, pembentukan karakter anak di usia dini,” katanya.
 
Sementara itu, Kepala Disdikbud Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya mengatakan peningkatan kualitas guru PAUD adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Maka hal yang harus dimulai dari masa usia dini adalah dari peningkatan atau kualitas para guru PAUD.
 
”Kita berharap yang namanya pendidikan itu kan kalau sasaran akhirnya tidak bisa langsung, tetapi kita bisa melihat proses yang sedang berjalan dan ini sudah makin baik,” katanya.

Baca juga: Unika Atma Jaya sediakan beasiswa bagi anak guru

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024