Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang, Banten, menyebutkan gempa magnitudo 5,0 pada Jumat pukul 05.18 WIB dengan titik koordinat 7,48 lintang selatan (LS) dan 104,95 bujur timur (BT) dan kedalaman 10 kilometer yang terjadi di Kecamatan Sumur relatif aman.
 
"Kami sampai malam ini belum menerima adanya laporan kerusakan infrastruktur maupun rumah warga akibat gempa itu," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Pandeglang Lilis Sulistiyati saat dihubungi di Pandeglang, Jumat.
 
Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,0 tersebut tidak menimbulkan gelombang tsunami, namun masyarakat pesisir selatan Pandeglang diminta waspada jika terjadi gempa susulan.

Baca juga: Ada 13 sesar aktif miliki potensi gempa di Jawa Tengah
 
Selama ini, kegiatan masyarakat di pesisir Sumur Kabupaten Pandeglang relatif normal, seperti biasa dan tidak berdampak adanya getaran gempa tersebut.
 
Sebab, getaran gempa magnitudo 5,0 hanya berlangsung beberapa detik sehingga tidak menimbulkan kepanikan masyarakat.
 
"Kami meyakini gempa berkekuatan magnitudo 5,0 tidak menimbulkan tsunami," katanya menjelaskan.
 
Sementara itu, Rohman (55) warga Desa Kertamukti Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang mengatakan dirinya bersama anggota keluarga tidak merasakan getaran gempa berkekuatan 5,0 tersebut sehingga kehidupan normal.
 
"Kami malam ini melaksanakan Shalat Isya berjamaah tetap tenang dan tidak terpengaruh adanya gempa," katanya menjelaskan.

Baca juga: Gempa di Selatan Jabar, dipicu aktivitas lempeng Indo-Australia
 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024