Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten mengevakuasi pohon tumbang diterjang cuaca buruk yang ditandai hujan lebat disertai angin kencang dan petir, Kamis (4/7).

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Agust Riza Faesal di Rangkasbitung, mengatakan evakuasi pohon tumbang diantaranya di Jalan Hardiwinangun tepatnya depan Kantor Koperasi dan UKM Lebak juga di sekitar Alun-alun Multatuli Rangkasbitung dan Jalan Ir Djuanda.

"Tidak sampai ada korban jiwa, tapi ada tiga kendaraan yang rusak tertimpa pohon," katanya.

Baca juga: Hujan deras, sejumlah perkampungan di Rangkasbitung dikepung banjir
 
BPBD mengevakuasi pohon tumbang itu hingga berlangsung selama dua jam, karena tanaman trembesi begitu besar. Kebanyakan pohon yang tumbang itu jenis pohon trembesi karena mudah patah jika hujan lebat disertai angin kencang.
 
Selain itu juga banyak pepohonan yang berada di tepi jalan berusia tua dan rapuh sehingga berpotensi tumbang.
 
"Kami minta pengemudi tidak melanjutkan perjalanan bila hujan lebat disertai angin kencang untuk menghindari tertimpa pohon tumbang," katanya menambahkan.
 
Selain pohon tumbang di sekitar Kantor Pemkab Lebak dan sejumlah ruas jalan tergenang banjir seperti Jalan Sunan Giri depan Kodim 0603 Lebak. Banjir juga terjadi di ruas Jalan Sunan Kalijaga dan depan Barata Rangkasbitung.

Baca juga: BPBD Lebak siaga di pemukiman warga yang dilanda banjir
 
 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024