Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang, Banten, memberikan pelatihan dan uji kompetensi kepada puluhan barista ekonomi kreatif yang tersebar di Kabupaten Serang.
 
Kepala Disporapar Kabupaten Serang Anas Dwisatya Prasadya, di Serang, Kamis, mengatakan pelatihan bertujuan untuk memberikan tambahan wawasan, pengalaman dan ilmu pengetahuan barista di bidangnya.
 
"Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari, pada 1-3 Juli 2024, di Alissa Resort Anyer Kecamatan Anyer. Pada dua hari pertama dilakukan pelatihan dan hari ketiga uji kompetensi," ujarnya.

Baca juga: PLN Banten lewat Program Desa Berdaya siap lahirkan barista baru
 
Menurut dia, pelatihan para barista sebagai upaya untuk mendukung peningkatan keterampilan yang dimiliki para barista, serta sertifikat kompetensi di bidang barista.
 
"Dengan demikian, dapat mendukung perkembangan pariwisata yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat tentunya," katanya.
 
Adapun untuk peserta yang mengikuti pelatihan dan uji kompetensi sebanyak 20 barista dari beberapa kecamatan di Kabupaten Serang.
 
"Sedangkan untuk narasumber pelatihan dari LPK Mega Job Bekasi, dan penguji kompetensi asesor dari LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) Pariwisata Nusantara Bekasi," katanya.

Baca juga: Warga Neglasari Kota Tangerang dapat pelatihan barista

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024