Sebanyak 20 warga Kecamatan Neglasari Kota Tangerang mengikuti pelatihan kewirausahaan kelas Barista yang digelar oleh Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) sebagai upaya menekan pengangguran.

Kepala Disnaker Kota Tangerang Ujang Hendra Gunawan di Tangerang Rabu mengatakan pelatihan kewirausahaan kelas barista berlangsung tiga hari mulai tanggal 23 - 25 April 2024.

"Pada hari pertama diisi dengan kelas materi, sedangkan hari kedua dan tiganya diisi dengan full praktik," kata Ujang saat hadir di Aula Kantor Kecamatan Neglasari.

Ia mengatakan peserta pelatihan didominasi anak-anak muda berumur produktif dan akan dikenalkan alat-alat kopi, jenis-jenis kopi hingga proses pengolahan dengan berbagai teknik.

"Harapannya, setelah kelas pelatihan ini mereka bisa tergugah melamar ke warung-warung kopi atau membuka usaha kopi secara mandiri.

Baca juga: PLN Banten lewat Program Desa Berdaya siap lahirkan barista baru

Ia pun menuturkan, pelatihan barista kali ini merupakan angkatan pertama di tahun 2024. Sedangkan delapan kelas lainnya juga akan segera dibuka dan dapat dimanfaatkan masyarakat seperti kelas bisnis online, sablon, tata rias wajah, digital marketing, pembuatan makanan, packaging, konten kreator hingga reparasi sepeda.

“Seluruh peserta yang mengikuti kelas kewirausahaan akan mendapat sertifikat untuk menunjang kemampuan diri selanjutnya. Untuk mengikuti pelatihan kewirausahaan masyarakat dapat mendaftar melalui Aplikasi Tangerang LIVE melalui fitur Tangerang cakap Kerja,” ujarnya.

Sebagai informasi, Pelatihan Kewirausahaan secara gratis ini sudah dihadirkan di Kota Tangerang sejak 2017 silam dengan sembilan bidang kewirausahaan. Tercatat hingga 2023 program pelatihan kewirausahaan gratis ini telah dimanfaatkan oleh 2.755 warga Kota Tangerang.

Baca juga: Disnaker Kota Tangerang gelar pelatihan barista khusus untuk pemuda
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024