Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, Banten, menggelar pelatihan barista melalui Program Pelatihan Praktik Kerja (Si Praja) kepada 20 pemuda di Kelurahan Sumur Pacing Kecamatan Karawaci.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Ujang Hendra di Tangerang, Selasa, mengatakan program Si Praja memberikan berbagai pelatihan kepada masyarakat Kota Tangerang khususnya yang belum memiliki pekerjaan.

"Program ini mendatangi langsung warga di wilayah sebagai bagian dalam optimalisasi pelayanan dan masyarakat bisa mendapatkan pelatihan lebih efektif," kata Ujang di sela kegiatan di Aula Kecamatan Karawaci.

Baca juga: Disnaker Tangerang latih 266 orang lewat Unit Pelatihan Bergerak

Camat Karawaci, Mahdiar mengatakan ada sebanyak 20 peserta yang mengikuti pelatihan dan merupakan anak-anak muda di wilayah Kelurahan Sumur Pacing Kecamatan Karawaci.

"Alhamdulillah ada 20 peserta yang hadir untuk mengikuti pelatihan Si Praja untuk menjadi barista. Semuanya antusias dan rencananya akan dilaksanakan selama tiga hari di Aula Kantor Kecamatan Karawaci. Ini sesuatu yang sangat baik di mana mereka mau berusaha mengasah dan mendapatkan skill baru yang nantinya dapat digunakan untuk mendapatkan pekerjaan," ujarnya.

Mahdiar berharap para peserta mengikuti pelatihan dengan baik dan serius sehingga, apa yang sudah disampaikan narasumber dapat menjadi bekal untuk mendapatkan pekerjaan.

"Jangan takut untuk bertanya sehingga, sepulangnya dari pelatihan ini dapat menjadi barista yang hebat dan mudah-mudahan dapat membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat Kota Tangerang," katanya.

Baca juga: DKP Kota Tangerang lakukan pengujian pangan di pasar modern

Sejak diluncurkan bulan Februari 2023, Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang telah memberikan pelatihan kepada 266 orang di bidang barista dan content creator melalui program Unit Pelatihan Bergerak atau Mobile Training Unit Pelatihan Praktek Kerja (MTU Si Praja).

Program MTU Si Praja merupakan pengembangan pelatihan yang sebelumnya berbasis di satu tempat seperti Balai Latihan Kerja (BLK) tiap kecamatan atau kelurahan.

"Pelatihan ini gratis, masyarakat atau komunitas tinggal ajukan kepada Disnaker untuk mendapatkan pelatihan ini. Siapkan tempat, nanti kita akan datang," ujarnya.

Si Praja ini mengemban misi khusus sebagai upaya Disnaker untuk mengurangi tingkat pengangguran di Kota Tangerang. Tidak hanya itu, melalui Si Praja ini diharapkan mampu membantu meningkatkan kualitas tenaga kerja yang ada.

Baca juga: Jumlah wisatawan di Kota Tangerang semester I capai 7,57 juta jiwa

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023